Menengok Antusiasme Pengrajin Mobil Hias untuk Light Parade di Surabaya Vaganza 2023

Menengok Antusiasme Pengrajin Mobil Hias untuk Light Parade di Surabaya Vaganza 2023

Sejumlah pekerja menyelesaikan karya mobil hiasnya di Jalan Pahlawan, Surabaya, Jumat, 26 Mei 2023-Eko Setyawan-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Surabaya Vaganza 2023 atau Parade Bunga 2023 bakal berbeda dari tahun 2022. Karena arak-arakan pawai bunga dan budaya, pada Sabtu, 27 Mei 2023, akan digelar dua kali sesi.

 

Pertama, peserta yang tergabung dari peserta mobil hias, pawai bunga, dan grup drumband ini, bergerak dari Jalan Tugu Pahlawan, menuju finis di Alun-alun Surabaya.

 

Mereka bakal mewarnai jalan sepanjang 2 kilometer itu mulai pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB.

 

BACA JUGA: Pawai Bunga Digelar Lagi, Antusiasme Arek Suroboyo Melebihi Sebelum Pandemi

 

Kedua, menyusul peserta berbagai kelompok tersebut, bergerak dari Jalan Tunjungan, mulai pukul 18.00 WIB hingga finis di tempat yang sama, di Alun-Alun Surabaya.

 

"Bedanya, peserta yang tergabung dalam kelompok kedua itu, seluruhnya penuh dengan gemerlap lampu hias," kata Wiwiek Widayati, Kepala Disbudporapar Surabaya.

 

Itulah, pembeda dari Surabaya Vaganza tahun sebelumnya. Yang bakal lebih seru dan berwarna, kala arak-arakan mobil hias dan pawai bunga pada sesi kedua ini. "Kami menyebutnya, light parades," lanjut Wiwiek.

 

Pemkot Surabaya sudah menyiapkan acara memeriahkan rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HKJS) ke-730 tahun itu dengan maksimal.

 

Agar masyarakat dapat menikmati seluruh rangkaian acara tersebut dengan nyaman. Juga menyiapkan kantong parkir bagi pengunjung, serta pagar pembatas untuk meminimalisir kerumunan.

 

Jumat sore, 26 Mei 2023, sejumlah pekerja di kawasan Jalan Pahlawan, dekat Tugu Pahlawan, terlihat berantusias menyelesaikan berbagai karya mobil hiasnya.

 

Salah seorang pekerja, Ahmad Yusuf, mengaku sudah sejak Rabu, 24 Mei 2023, lalu, mulai mengerjakan tujuh karya mobil hiasnya.

 

Dua dari tujuh mobil hias yang dikerjakan oleh tim-nya, disiapkan untuk mengikuti pawai malam hari, atau pawai sesi kedua.

 

"Ini kita menyiapkan hiasan lampunya," ujar Yusuf, sambil menunjuk ke arah mobil hias bertema bangunan khas ala Tiongkok.

 

Yusuf bersama timnya juga menyiapkan mobil hias, menampilkan berbagai boneka jenis hewan. Dengan balutan bunga-bunga segar, tanpa taburan lampu hias.

 

Karena diperuntukkan untuk pawai sesi pertama. "Nah, yang dihias di atas mobil trailer itu, temanya kebun binatang," kata Yusuf.

 

"Kami senang mengerjakan karya ini. Karena tahun ini, acaranya lebih berwarna," tandas Yusuf. Ia bersama tim-nya memastikan, seluruh karyanya bakal selesai tepat waktu.

 

Sehingga karya-karya mereka bisa dinikmati masyarakat yang hadir di acara tahunan di Surabaya itu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: