Jamaah Mulai Beraktivitas di Makkah, Kemenag Ingatkan Catat Nama Hotel, Bawa Minum, dan Jangan Berjalan Tanpa Sandal

Jamaah Mulai Beraktivitas di Makkah, Kemenag Ingatkan Catat Nama Hotel, Bawa Minum, dan Jangan Berjalan Tanpa Sandal

Jamaah Haji Indonesia beraktivitas di sekitarn kota Makkah-Kemenag-

HARIAN DISWAY - Para Jamaah Haji gelombang pertama telah selesai melaksanakan ibadah Arbain di Madinah. Mereka mulai diberangkatkan dari Makkah ke Madinah sejak Kamis 30 Mei lalu. 

Data dari PPIH Kemenag, sudah total 7.092 Jamaah Haji yang diberangkatkan ke Makkah per 2 Juni 2023. Di Makkah, mereka akan melaksanakan umrah sebelum puncak ibadah Haji akhir bulan ini. 

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Akhmad Fauzin dalam keterangan persnya di Media Center Haji (MCH) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta mengatakan, ada tiga hal yang sudah dipersiapkan panitia untuk memfasilitasi aktivitas ibadah jemaah haji Indonesia selama di Makkah.

BACA JUGA:Hari Raya Waisak, Narapidana Buddhis Dapat Remisi dari Kanwil Kemenkumham Jatim

BACA JUGA:Diajak Naik Roller Coaster oleh Fans Indonesia, Kim Seon-ho: Kalian Ingin Lihat Aku Nangis?  


Jubir PPIH Pusat Achmad Fauzin--

Pertama menyiapkan akomodasi pemondokan di 108 hotel. Hotel ini tersebar pada lima wilayah di Makkah, yakni Jarwal, Misfalah, Raudhah, Syisyah, dan Mahbas Jin. 

Kedua, menyiapkan layanan konsumsi. “Di Makkah, jemaah akan mendapat tiga kali makan sehari, berupa sarapan, makan siang, dan makan malam,” kata Fauzin, Jumat Juni 2023. 

Ketiga, sambung Fauzin, untuk mempermudah giat ibadah selama di Makkah, PPIH Arab Saudi juga telah menyiapkan angkutan bus Shalawat yang akan mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram, pergi pulang selama 24 jam.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga tanggal 02 Juni 2023, pukul 24.00 WIB, jemaah dan petugas yang sudah tiba di Kota Madinah berjumlah 53.627 orang atau 139 kelompok terbang. 

BACA JUGA:Limbah Linen Hotel Ciputra Wold Surabaya Disulap Jadi Shibori Cantik untuk Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

BACA JUGA:Temui Megawati, Zulhas Tawarkan Erick Thohir Dampingi Ganjar

Kepada Jemaah khususnya Jemaah lanjut usia, Fauzin menghimbau untuk menjaga kesehatan, mengurangi aktivitas di luar hotel dan masjid, dan istirahat yang cukup. 

“Cuaca di Madinah saat ini berkisar 26-40 derajat celcius dan di Makkah 31-41 derajat celcius, bila akan keluar hotel, selalu gunakan alas kaki dan kaos kaki untuk menghindari kaki melepuh,” imbaunya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: