Wali Kota Eri Cahyadi dan Reni Astuti Hadiri Sedekah Bumi di Petilasan Sawunggaling

Wali Kota Eri Cahyadi dan Reni Astuti Hadiri Sedekah Bumi di Petilasan Sawunggaling

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti menghadiri sedekah bumi di makam Sawunggaling, Donowati, 4 Juni 2023.-Salman Muhiddin/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY -  Tradisi sedekah bumi di SURABAYA mencapai puncaknya, Minggu, 4 Juni 2023.  Wali Kota SURABAYA Eri Cahyadi turut hadir di acara didampingi oleh Ketua PKK Kota SURABAYA Rini Indriyani, dan Wakil Ketua DPRD SURABAYA Reni Astuti.

Warga menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya, seperti tari remo, jaranan, campur sari, pengajian agama, tasyakuran, malam tirakatan, dan sarasehan. Mereka juga nyekar ke Makam Sawunggaling di Donowati dan Mbah Goemok di Petemon.

"Njenengan (anda) adalah orang-orang hebat yang meneruskan budaya, yang menjadi kebanggan Arek-arek Suroboyo. Tolong dijaga, jangan sampai budaya ini berhenti. Karena inilah yang menunjukan budaya Arek Suroboyo," kata Eri.


Semarak Sedekah Bumi di Petemon Surabaya.-Humas Pemkot Surabaya-

Sementara itu,  Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti menyatakan bahwa acara sedekah bumi merupakan momen yang tepat untuk menghormati dan mendoakan leluhur, serta memperkuat kebersamaan dan gotong-royong antar warga.

Menurutnya, tradisi itu mengandung nilai-nilai seni budaya dan doa bersama yang menjadikan warga kompak. “Jangan  sampai hilang tradisi seperti ini. Maka, ketika saya melihat keterlibatan anak muda, hati saya jadi tentrem,” kata Politisi PKS itu.

BACA JUGA:Densus 88 Gerebek Rumah Terduga Teroris di Kalimas Madya III Surabaya

BACA JUGA:Delay Berkali-Kali, Kemenag ke Garuda: Tolong Konsisten!

Reni memberikan apresiasi atas keterlibatan karang taruna dalam acara tersebut. Acara berlangsung berlangsung sejak tanggal 1 Juni dan mencapai puncaknya pada tanggal 4 Juni dengan syukuran 1.000 tumpeng dan penutupan Campur Sari pada malam harinya.


Wali Kota Surabaya didampingi Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti di acara sedekah bumi, 4 Juni 2023.-Humas Pemkot Surabaya-

Dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat Surabaya, acara sedekah bumi ini berhasil menjadi ajang pelestarian budaya dan kebersamaan yang semakin memperkuat ikatan sosial di Kota Pahlawan.

Ketua Panitia Sedekah Bumi Sawahan-Sukomanunggal, Ferry Dwi Setiawan tak mengira, acara itu dihadiri wali kota dan pimpinan DPRD secara langsung.  Bagi warga sempat, ini adalah suatu kehormatan.

“Jujur ini baru petama sedekah bumi di kampung kami dihadiri Wali Kota Surabaya. Kami sangat senang dan bangga bisa dihadiri Pak Wali langsung, terimakasih banyak, terimakasih banyak,” kata Ferry. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: