Soal Diskualifikasi Aldila Sutjiadi/Miyu Kato di Prancis Terbuka, Asosiasi Pemain: Itu Tidak Adil!

Soal Diskualifikasi Aldila Sutjiadi/Miyu Kato di Prancis Terbuka, Asosiasi Pemain: Itu Tidak Adil!

ALDILA SUTJIADI (kiri) dan Miyu Kato ketika tampil di babak ketiga ganda putri Prancis Terbuka, Minggu, 4 Juni 2023.-Rob Prange-AFP-

HARIAN DISWAY – Asosiasi Pemain Tenis Profesional (Professional Tennis Player Association/PTPA) akhirnya mengeluarkan pernyataan atas diskualifikasi yang diterima Aldila Sutjiadi/Miyu Kato di babak ketiga grand slam Prancis Terbuka, Minggu, 4 Juni 2023.

Pasangan ganda putri Aldila Sutjiadi/Miyu Kato didiskualifikasi setelah Miyu Kato tak sengaja memukul bola mati ke sebreang lapangan, dan mengenai seorang penjaga bola. Lawan mereka, Marie Bouzkova/Sara Sorribes Tormo memaksa agar pasangan Jepang/Indonesia itu dicekal dari pertandingan. Padahal, Aldila/Miyu Kato dalam posisi unggul 7-2, 3-1 atas Bouzkova/Sorribes Tormo.

’’PTPA meyakini bahwa keselamatan dan kesejahteraan semua individu yang terlibat dalam olahraga ini, termasuk ball girls dan ball boys, adalah prioritas tertinggi,’’ demikian PTPA mengawali pernyataannya, seperti dikutip situs resmi Prancis Terbuka.

’’Meski begitu, keputusan untuk mendiskualifikasi Miyu Kato dan Aldila Sutjiadi sangat tidak proporsional dan tidak adil,’’ lanjut pernyataan itu.

Pernyataan PTPA didasarkan pada situasi di lapangan saat itu. Mereka melihat, Miyu Kato sama sekali tidak dalam kondisi marah atau emosional. Juga tidak agresif. Dia murni tidak sengaja mengenai kepala si penjaga bola. Sehingga tidak seharusnya dihukum dengan default atau diskualifikasi.

’’Insiden dan akibat lanjutan dari kejadian ini mencederai prinsip fundamental dari PTPA. Maka dari itu, kami menuntut resolusi adil.’’

Menurut pernyataan PTPA, pemain harus punya akses untuk melakukan protes damai atas sebuah keputusan yang melanggar hak mereka. PTPA memberikan advokasi agar pemain berani menyuarakan keberatan dan kecemasan mereka.

’’Karena itu, kami menuntut agar—setidak-tidaknya—hadiah uang dan poin peringkat untuk Miyu Kato dan Aldila Sutjiadi dikembalikan,’’ tegas asosiasi yang didirikan oleh Novak Djokovid dan Vasek Pospisil tersebut.

Di sisi lain, Aldila Sutjiadi lolos ke semifinal nomor ganda campuran Prancis Terbuka. Dia berpasangan dengan petenis Belanda Matwe Middelkoop. Dalam babak empat besar yang digelar sore ini, mereka akan berhadapan dengan pasangan Miyu Kato/Tim Putz. Jadi, antara Aldila atau Miyu Kato dipastikan menjejak final Prancis Terbuka tahun ini. Good luck, Aldila! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: