Mau Mulai Koleksi Photocard Idol? Simak Istilah-Istilah yang Wajib Diketahui Kolektor!

Mau Mulai Koleksi Photocard Idol? Simak Istilah-Istilah yang Wajib Diketahui Kolektor!

Ilustrasi koleksi photocard yang biasanya di koleksi oleh penggemar KPOP-Zahronia Firdaus-

HARIAN DISWAYPhotocard atau kartu foto merupakan hal yang sudah awam bagi para penggemar K-pop. Photocard, atau disingkat PC, merupakan kertas foto berukuran 55×58 mm. Biasanya PC didapat dari membeli merchandise atau album yang dijual oleh agensi. Banyak penggemar yang rela mengeluarkan uang ratusan ribu, bahkan jutaan, untuk mengoleksi sepotong kertas foto tersebut.

Orang yang menyukai photocard biasanya dibedakan menjadi dua macam. Yakni photocard enjoyer dan photocard collector. Photocard enjoyer merupakan orang yang hanya membeli photocard yang mereka sukai. Entah itu posenya, konsepnya, maupun aspek lainnya.

Sedangkan photocard collector merupakan orang yang membeli photocard karena ingin mengoleksi. Mereka tak peduli pose, makeup, atau konsep pemotretan si artis. Pokoknya setiap PC yang dirilis agensi, harus dibeli! PC mulai awal debut hingga yang terbaru wajib punya. 

Ingin mulai menjadi kolektor photocard? Kenali dulu istilah di dunia photocard berikut ini.

GO

GO merupakan singkatan dari Group Order. Sesuai namanya, itu merupakan sebuah group chat untuk melakukan berbagai aktivitas menyangkut dunia koleksi ini. Biasanya GO dimiliki oleh satu atau beberapa orang yang akan membantu anggotanya untuk membeli photocard dari dalam maupun luar negeri. Sistem group order ini akan meringankan biaya pajak dan pengiriman luar negeri yang ditanggung. Karena dibagi berdasarkan banyaknya barang yang dibeli. GO biasanya dibuat di aplikasi LINE atau WhatsApp.

Rate

Admin Group Order biasanya mencari photocard yang dijual oleh penjual luar negeri di Twitter. Harga yang tercantum merupakan harga dengan mata uang negara dari si penjual. Rate merupakan bilangan yang digunakan untuk menemukan harga kotor dari photocard dalam rupiah. Setiap GO memiliki rate yang berbeda-beda tergantung sistemnya sendiri. Rate juga bergantung pada kurs mata uang hari itu. 

SBT 

SBT memiliki kepanjangan Sell, Buy, and Trade. Istilah ini akan sering ditemui di dunia koleksi. Biasanya istilah ini digunakan pada display name Twitter untuk identitas akun tersebut. 

WTS, WTB, WTT dan WTO

Sama seperti SBT, singkatan-singkatan ini sering dijumpai di dunia koleksi photocard. WTS merupakan singkatan dari Want To Sell, digunakan saat ingin menjual koleksimu. WTB adalah Want To Buy. Digunakan saat ingin membeli atau mencari photocard yang diinginkan.

Kemudian WTT yaitu Want To Trade, digunakan saat kamu ingin barter dengan kolektor lainnya. WTO yaitu Want To Oper, digunakan saat ingin mengoper pesanan photocard kepada orang lain. Biasanya ini dilakukan saat si pembeli telah deal dengan penjual namun, di tengah jalan ia berubah pikiran dan sudah tidak menginginkan photocard tersebut lagi. 

QYOP dan Offer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber