Mau Mulai Koleksi Photocard Idol? Simak Istilah-Istilah yang Wajib Diketahui Kolektor!

Mau Mulai Koleksi Photocard Idol? Simak Istilah-Istilah yang Wajib Diketahui Kolektor!

Ilustrasi koleksi photocard yang biasanya di koleksi oleh penggemar KPOP-Zahronia Firdaus-

QYOP adalah singkatan dari Quote Your Own Price, jadi kamu diminta untuk memberikan harga atas suatu photocard yang kamu inginkan sendiri melalui fitur quote retweet di Twitter. Untuk hal ini, harga yang kamu miliki harus tinggi agar dilirik oleh penjual. Biasanya digunakan saat ada yang menjual photocard yang langka dan high demand.

Sedangkan Offer adalah kamu diizinkan untuk menawarkan harga yang kamu miliki kepada penjual melalui pesan pribadi. Apabila penjual menyetujui, maka kamu berhasil mendapatkan photocard yang kamu mau dengan harga yang sudah kamu berikan. 

Pair, Bundle dan Take All

Dalam kasus penjualan photocard yang banyak diminati, penjual akan menjualnya dalam tiga cara ini agar dagangannya yang lain laku. Meski mirip, perbedaan pair dan bundle terletak pada jumlah photocard yang ditawarkan. Pair berisi satu atau dua photocard selain yang utama. Bundle berisi banyak, bisa sampai lima photocard selain yang utama. Sedangkan Take all, semua photocard yang dijual bersama yang utama harus dibeli. Biasanya ada yang membawa ke GO untuk melakukan sharing

POB

POB merupakan singkatan dari Pre Order Benefit. Harga photocard jenis ini lebih mahal daripada yang di dalam album. Sebab, jumlahnya hanya sesuai dengan preorder saat itu. Dan tidak bakal diproduksi lagi. Photocard jenis ini bisa diperoleh saat mengikuti preorder album di website atau toko yang telah bekerja sama dengan agensi. Bisa juga melalui pembelian merchandise lain selain album saat ada konser, fanmeeting atau acara tertentu. 

PC Gaib atau Wishlist Abadi

Istilah ini biasanya digunakan untuk menyebut photocard yang tidak mungkin kita miliki. Bisa jadi karena dia gaib alias langka atau karena harganya yang sangat mahal. 

Nah, setelah membaca penjelasan di atas jangan bingung lagi ya apabila menjumpai istilah-istilah tersebut di media sosial! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber