Wali Kota Peserta Rakerkomwil IV ke-18 Apeksi Kagumi Perkembangan Kota Pasuruan

Wali Kota Peserta Rakerkomwil IV ke-18 Apeksi Kagumi Perkembangan Kota Pasuruan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama para wali kota di acara Rakerkomwil Wilayah IV ke-18 di Kota Pasuruan, 21 Juni 2023.-Foto: Dinas Kominfo Pemkot Pasuruan-

Kota Pasuruan menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Komisariat Wilayah  (Rakerkomwil) IV ke-18 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tahun 2023. Acara dibuka pada Rabu, 21 Juni 2023 malam, di halaman Gedung Harmonie Kota Pasuruan

---

ADA 13 wali kota yang hadir. Mereka berasal dari Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kota Malang, Kota Batu, Kota Mojokerto, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, dan Kota Surabaya. Sedangkan dari luar wilayah Jawa Timur adalah Kota Denpasar, Kota Bima, Kota Mataram, dan Kota Kupang. 

Pembukaan diawali dengan gala dinner yang juga dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Bima Arya merupakan ketua Apeksi Pusat. 

Saat memberikan sambutan, Bima menyatakan terkesan dengan pembukaan Rakerkomwil IV ke -18 Apeksi di Kota Pasuruan. Ia tidak mengira Kota Pasuruan saat ini sudah banyak berubah dan indah di era kepemimpinan Wali Kota Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Penilaian yang sama juga disampaikan para wali kota yang hadir.

"Menurut saya ini rakerkomwil dengan cita rasa rakernas. Sentuhan Gus Ipul sangat terasa di pembukaan ini’ tutur Bima dalam sambutannya, Rabu 21 Juni 2023. 


Ketua Apeksi Pusat Bima Arya yang juga wali kota Bogor memberikan sambutan saat pembuakan Rakerkomwil.-Foto: Dinas Kominfo Pemkot Pasuruan-

Terkait agenda Apeksi, Bima menyampaikan akan mengawal dan mengkritisi otonomi yang jika tidak dijaga berpotensi untuk tergelincir. Seperti, target pertumbuhan ekonomi, target investasi boleh jadi yang utama. Namun, local wisdom, local value, dan semangat otonomi harus diapresiasi pemerintah pusat. Isu-isu skala nasional lainnya juga harus menjadi pembahasan dalam rakerkomwil Apeksi kali ini. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga memuji perkembangan Kota Pasuruan yang menurutnya semakin indah itu. Acara yang digelar malam hari semakin membuat keindahan Kota Pasuruan terpancar. Orang nomor satu di Jawa Timur itu juga mengajak para wali kota yang hadir untuk suatu saat kembali mengunjungi Kota Pasuruan.

"Selamat datang para wali kota yang berasal dari berbagai daerah. Kota Pasuruan ini semakin berubah baik di tangan Gus Ipul. Inilah wujud little Madinah,” ungkap Khofifah. 

BACA JUGA:Pawai Budaya Lalu Nikmati Bandeng Jelak Khas Pasuruan di Sela Rakerkomwil IV Apeksi

Gus Ipul dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kota Pasuruan terus berbenah dan kondisinya semakin baik. Mantan wakil gubernur Jawa Timur dua periode itu mengatakan, Wakil Wali Kota Adi Wibowo terus berupaya agar Kota Pasuruan menyamai kota-kota besar, seperti Kota Surabaya dan Kota Malang. Maka, dari itu menjadi tuan rumah rakerkomwil Apeksi menjadi ajang bagi Pemkot Pasuruan untuk membuktikan bahwa Kota Pasuruan saat ini berubah di segala bidang. 

"Menjadi tuan rumah event seperti ini menjadi kebanggan bagi Kota Pasuruan. Maka segala daya, apa yang kita punya, kita keluarkan semua. Karena kesempatan ini mungkin tidak akan datang lagi pada 10-20 tahun mendatang. Kota Pasuruan juga kami desain supaya bisa menyaingi kota-kota besar di Jatim, seperti Kota Malang atau Kota Surabaya” ujar Gus Ipul.


Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf menyambut para wali kota yang hadir dalam Rakerkomwil.-Foto: Dinas Kominfo Pemkot Pasuruan-

Gus Ipul mengajak para tamu untuk mengunjungi stan-stan yang ada di Pasuruan City Expo yang lokasinya di Gedung P3GI yang tidak jauh dari lokasi pembukaan. Pasuruan City Expo menjadi penyemarak gelaran rakerkomwil Apeksi tersebut. Berbagai stan-stan menyajikan produk unggulan Kota Pasuruan dan juga dari daerah asal para peserta rakerkomwil Apeksi. Banyaknya produk unggulan asal Kota Pasuruan yang disajikan membuat rombongan peserta memborong beberapa produk. Seperti batik tulis, sepatu lukis, tas eco green, makanan-minuman, sampai bumbu masakan kuliner khas Kota Pasuruan. Pasuruan City Expo bukan hanya diserbu para tamu, tetapi juga menyedot perhatian masyarakat Kota Pasuruan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: