Jamaah Dilarang Bawa Pulang Air Zamzam, Ketahuan Koper Akan Dibongkar

Jamaah Dilarang Bawa Pulang Air Zamzam, Ketahuan Koper Akan Dibongkar

Proses sortir barang bawaan jamaah haji-Kemenag-

HARIAN DISWAY - Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H Subhan Cholid mengingatkan jemaah Haji untuk tidak mencoba-coba memasukkan air Zamzam ke dalam koper. 

Air Zamzam termasuk barang yang dilarang untuk dibawa ke dalam bagasi pesawat dalam penerbangan kembali ke tanah air. Petugas bisa membongkar koper untuk diperiksa. 

Sebagaimana diketahui, usai puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina), penyelenggaraan haji masuk tahap pemulangan jemaah. 

BACA JUGA:Bus Sholawat Kembali Beroperasi Layani Jamaah

Sesuai jadwal, Kelompok terbang (kloter) awal akan kembali ke Tanah Air mulai 4 Juli 2023. Dua hari sebelum kepulangan, akan dilakukan proses penimbangan bagasi, dilanjutkan pemeriksaan melalui x-ray.

"Jangan masukkan air Zamzam ke koper bagasi. Sebab, koper berisi air Zamzam akan terdeteksi yang berakibat dibongkar dan dikeluarkan airnya. Ini sudah menjadi ketentuan penerbangan," tegas Subhan Cholid di Makkah, Minggu 2 Juli 2023. 

BACA JUGA:Menag Sampaikan Komplain ke Arab Saudi

Proses penimbangan pertama akan dilakukan untuk sejumlah kloter pertama dari sejumlah embarkasi. Antara lain Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG 01), Makassar (UPG 01), Solo (SOC 01), Surabaya (SUB 01).

Setelah penimbangan di hotel jemaah, dilakukan pemeriksaan koper bagasi dengan menggunakan X-Ray Multi View yang dapat mendeteksi barang-barang yang dilarang, termasuk air Zamzam.

Dari hasil pemeriksaan hari Minggu, Subhan mengatakan rata-rata terdapat 30 sampai 40 persen jemaah yang memasukkan air Zamzam ke dalam koper. “Koper dibongkar untuk mengeluarkan airnya. Sehingga cukup mengganggu dalam antrian pemeriksaan X-ray barang jemaah," jelas Subhan. 

BACA JUGA:Menag dan Menhaj Arab Saudi Bertemu Bahas Keluhan Layanan Armina

“Jika tanpa pembongkaran,cukup 1 jam proses pemeriksaan bagasi, namun jika harus dibongkar karena terdapat zam-zam, memakan waktu hingga 3 jam per kloternya,” imbuhnya.

Subhan mengatakan, tiap jamaah telah dijatah 5 liter air zam zam yang akan dibagikan di Asrama Haji pada proses Debarkasi.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: