Baru Berjalan Dua Pekan, Berikut Catatan Kontroversi Wasit BRI Liga 1 2023/2024

Baru Berjalan Dua Pekan, Berikut Catatan Kontroversi Wasit BRI Liga 1 2023/2024

Pemain Persebaya Song Ui-young mendapat tarikan dari Bagas Kaffa pemain Barito Putera pada Sabtu, 8 Juli 2023-Moch Sahirol Layeli-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – BRI Liga 1 2023/2024 baru berjalan dua pekan sejak resmi digulirkan pada 1 Juli 2023. Pada pembukaan tersebut mempertemukan Bali United vs PSS Sleman yang digelar pada Stadion I Wayan Dipta Gianyar Bali. Kompetisi baru dengan format yang lebih menarik dan diklaim akan lebih ketat.

Mulai dari format penggunaan legiun asing yang bertambah menjadi 6 kuota (5 bebas + 1 ASEAN), hingga rencananya penggunaan Video Assistant Referee (VAR). Khusus untuk VAR, meski belum secara resmi digunakan dari awal pekan BRI Liga 1 2023/2024, PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator liga telah melakukan sesi pelatihan mulai 4 Juli 2023 kepada calon wasit-wasit VAR. Lalu, penggunaan VAR sesungguhnya direncanakan akan mulai pada bulan Februari 2024 mendatang.

Seperti namanya, VAR akan menjadi instrumen  pendukung para pengadil lapangan untuk menentukan keputusan atas apapun yang terjadi di atas lapangan hijau. Hal tersebut yang kini menjadi perbincangan hangat pelaku industri sepak bola Tanah Air hingga para pecintanya. Mengapa mereka sangat antusias mendambakan hadirnya VAR di Liga 1? Jawabannya yakni keputusan-keputusan wasit BRI Liga 1 2023/2024 masih sering kontroversial.

BACA JUGA:Sejarah VAR yang Diinginkan Klub BRI Liga 1, Ongkosnya Rp 100 Miliar

BACA JUGA:Azrul Ananda Hubungi Erick Thohir Usai Keputusan Kontroversial Wasit Thoriq Alkatiri, VAR Dibutuhkan

Padahal Liga 1 saat ini masih menapaki langkah di pekan kedua. Seperti sebuah hal yang terus terulang, masalah kepemimpinan wasit yang merugikan tim masih saja terjadi.  Hingga pekan kedua musim 2023/2024 saja sudah tercatat setidaknya lima laga ternodai oleh keputusan kontroversi wasit. Berikut sederet keputusan wasit yang dianggap kontroversi pada gelaran Liga 1 hingga pekan kedua:

1. PSS Sleman vs Persis Solo di Stadion Maguwoharjo (Jumat, 7 Juli 2023)

Wasit: Yudi Nurcahya

Pada menit ke-82 saat Yevhen Bokhashvili, ujung tombak PSS Sleman, mendapat tarikan dari pemain Persis di dalam kotak penalti menjadi sperbincangan hangat kalangan pecinta sepak bola. Meski terlihat mendapat tarikan, wasit Yudi Nurcahya tak menganggapnya sebagai pelanggaran.

2. Arema FC vs Persib Bandung di Stadion I Wayan Dipta Gianyar Bali (Jumat 7 Juli 2023)

Wasit: Aidil Azmi

Pengadil lapangan laga tersebut mendapat sorotan ketika memberi hadiah penalti pertama untuk Arema FC. Padahal terjatuhnya Gustavo Almeida saat mendapat penjagaan dari Alberto Rodriguez terlihat sangat minim kontak fisik. Tak hanya itu, letak terjatuhnya Gustavo Almedia menjadi perbincangan hangat karena banyak yang berpendapat masih di luar kotak terlarang.


Pertandingan Arema vs Persib diwarnai keputusan kontroversial wasit Aidil Azmi.-Instagram @Persib-

3. Persebaya Surabaya vs Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo (Sabtu, 8 Juli 2023)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: