Cheng Yu Pilihan Direktur Keuangan PT Pakuwon Jati Tbk Minarto Basuki: Ji Suo Bu Yu, Wu Shi Yu Ren

Cheng Yu Pilihan Direktur Keuangan PT Pakuwon Jati Tbk Minarto Basuki: Ji Suo Bu Yu, Wu Shi Yu Ren

Cheng Yu Minarto Basuki--

MUNGKIN egois memang sifat asli manusia. Ketika dirinya disakiti orang, tidak terima. Tapi ketika dirinya menyakiti orang, maklum dan maaf yang diminta. 

Padahal, Konfusius mewanti-wanti kita, "己所不欲,勿施于人" (jǐ suǒ bù yù, wù shī yú rén). Yang artinya: apa yang tidak engkau kehendaki orang lain lakukan pada dirimu, jangan engkau lakukan pada orang lain. Pepatah Tiongkok atau Cheng Yu ini sangat terkenal. 

Maksudnya, seperti prinsip yang dipegang teguh Minarto Basuki, direktur keuangan dan corporate secretary PT Pakuwon Jati Tbk, "Perlakukanlah orang lain seperti kita ingin diperlakukan oleh mereka." 

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Commercial Director PT Pakuwon Jati Tbk Sutandi Purnomosidi: yán sāng xīn jì

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia: Shou Yin Zhong Guo

Dalam artian, kalau kita ingin orang lain menaruh hormat kepada kita, maka kita mesti terlebih dahulu hormat kepada mereka. Bukan malah sebaliknya.

Itulah mengapa Tzŭ-kung 子贡, seorang filusuf yang sekaligus politisi dan pebisnis yang berguru kepada Konfusius, berkata, "我不欲人之加诸我也,吾亦欲无加诸人" (wǒ bù yù rén zhī jiā zhū wǒ yě, wú yì yù wú jiā zhū rén): aku tak ingin orang lain mem-bully diriku, maka akupun tak ingin mem-bully orang lain.

Sebab, dipastikan kitab Shu-ching, "Melakukan kebaikan, apapun bentuknya, akan bermuara pada kedamaian; melakukan keburukan, apapun bentuknya, akan bermuara pada kekacauan" (为善不同, 同归于治; 为恶不同, 同归于乱 wéi shàn bù tóng, tóng guī yú zhì; wéi è bù tóng, tóng guī yú luàn).

Intinya, diajarkan Konfusius, "己欲立而立人, 己欲达而达人" (jǐ yù lì ér lì rén, jǐ yù dá ér dá rén): ketika engkau ingin meroket, roketkanlah orang lain; ketika engkau ingin maju, majukanlah orang lain. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: