Cheng Yu Pilihan Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia: Shou Yin Zhong Guo

Cheng Yu Pilihan Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia: Shou Yin Zhong Guo

Cheng Yu Indah Kurnia-FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

INDAH KURNIA punya prinsip, "Lakukan kebaikan tanpa syarat, maka kebaikan yang datang dari-Nya akan menghampirimu." 

Anggota DPR RI tiga periode dari PDI Perjuangan itu yakin akan adanya hukum karma. Barang siapa yang menabur kebaikan, maka akan menuai kebaikan pula. Sebaliknya, barang siapa yang berbuat keburukan, maka akan memperoleh keburukan juga pada akhirnya.

Mungkin, Anda acap merasakan balasan terhadap perbuatan baik yang Anda lakukan, lama sekali datangnya. Sedangkan perbuatan buruk, sangat cepat Anda dapati ganjarannya.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Chairman MarkPlus, Inc Hermawan Kartajaya: Han Niu Chong Dong

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan: Presiden Direktur Wismilak Ronald Walla: Yi Shen Zuo Ze

Tak masalah. Lai Sheng Zhai (来生债), naskah drama anonim era dinasti Yuan, mengingatkan kita, "善有善报, 恶有恶报, 不是不报, 时辰未到" (shàn yǒu shàn bào, è yǒu è bào, bù shì bù bào, shí chén wèi dào). Yang artinya: perbuatan baik pasti akan dibalas dengan perbuatan baik, perbuatan buruk pasti akan dibalas dengan perbuatan buruk; bukan tidak ada balasan, tapi waktunya saja yang belum tiba.

Berarti, kita tidak boleh putus asa dalam berbuat baik kepada sesama. Sebagaimana dipesankan Liu Bei 刘备, tokoh masyhur Zaman Tiga Negara, dalam surat wasiat kepada anaknya, "勿以恶小而为之, 勿以善小而不为" (wù yǐ è xiǎo ér wéi zhī, wù yǐ shàn xiǎo ér bù wéi): jangan pernah berpikir untuk berbuat kejahatan meski kecil, jangan pernah berpikir untuk tidak berbuat kebaikan meski kecil.

Sebab, Tso Ch'iu-ming 左丘明 menegaskan dalam kitab kuno Tso chuan (左传), "多行不义必自毙" (duō xíng bùyì bì zì bì): bila perbuatan buruk telah banyak diperbuat, akhirnya pasti akan mencelakakan diri sendiri. 

Intinya, pepatah Tiongkok klasik atau cheng yu mengajari kita, "收因种果" (shōu yīn zhǒng guǒ): kalau mau memetik buah, tanamlah benihnya. Dan memang inilah yang dipegang teguh oleh Indah Kurnia. Tak heran bila pemegang rekor Muri menyanyikan 714 lagu tanpa teks pada 2007 itu punya banyak teman setia. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: