Progress Bandara Kediri Sudah 94 Persen. Layani Penerbangan Umroh Tahun Depan

Progress Bandara Kediri Sudah 94 Persen. Layani Penerbangan Umroh Tahun Depan

Menhub Budi Karya Sumadi meninjau construction site Dhoho Internasional Airport di Grogol, Kediri-Kemenhub-

HARIAN DISWAY - Pembangunan Bandara Internasional Dhoho Kediri kini telah mencapai 94 persen. Bandara ini diharapkan bisa beroperasi tahun depan.  

Secara keseluruhan, progres pembangunan Bandara Dhoho telah mencapai 94,31 persen. Dengan rincian, pekerjaan sisi darat atau landside sebesar 75,78 persen, sementara pekerjaan airside mencapai 74,60 persen. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap tahun depan bandara yang terletak di Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri ini sudah bisa dipakai penerbangan umroh. 

BACA JUGA:TMMD Ke-117, Kodim 0809 Gandeng Pemkot Kediri Sosialisasi Stunting di Kelurahan Pojok

BACA JUGA:Menikmati Seduhan Kopi Ala Kafe di Pinggir Jalanan Kediri

“Kami akan mulai koordinasi dengan pihak GACA (General Authority of Civil Aviation) atau Dirjen Perhubungan Udara Arab Saudi. Kalau ini disetujui pihak GACA, maka minimal kita akan buka penerbangan umroh,” ujar Budi di sela-sela Kunjungannya pada Jumat, 14 Juli 2023. 


Terminal Penumpang Bandara Internasional Dhoho Kediri-Kemenhub-

Tidak hanya itu, Menhub juga akan membuka peluang untuk membuka penerbangan haji pada tahun depan. Untuk itu ia menyarankan untuk menambah fasilitas di sekitar bandara seperti hotel dan fasilitas pendukung lainnya.

“Kami ingin memberikan suatu kualifikasi di bandara ini dengan fasilitas yang lengkap. Kami juga mohon dukungan Bupati Kediri untuk mulai mensosialisasikan bandara ini dan rencana pembukaan penerbangan umroh,” kata Budi.

BACA JUGA:Menembus Lorong Waktu di Waroeng Baroe Lama Kediri

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Babinsa Kediri Bikin Film hingga Gandeng Legenda Sepak Bola Sulis Budi

Budi menjelaskan, pihaknya terus melakukan pembahasan dan berkoordinasi secara intensif dengan pihak PT Gudang Garam sebagai pihak yang mendanai dan membangun Bandara Kediri

Hal ini  agar penyelesaian pembangunannya dapat dilakukan sesuai dengan target dan dapat segera dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di Kediri dan sekitarnya.

Menhub menyebut, nantinya bandara ini akan memberikan daya saing bagi daerah Jawa Timur karena berlokasi strategis. Bandara Dhoho dikelilingi oleh 7 kabupaten di sekitarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: