Yang Terbaik di Surabaya Tourism Awards 2023: SWK Pilihan Cak Eri (31-Habis)

Yang Terbaik di Surabaya Tourism Awards 2023: SWK Pilihan Cak Eri (31-Habis)

Warna-warni di SWK Babat Jerawat pilihan Wali Kota Eri Cahyadi di STA 2023.-Syahrul Rozak Yahya/Harian Disway-

Sentra Wisata Kuliner (SWK) Babat Jerawat dapat dua penghargaan di Surabaya Tourism Awards 2023. Selain jawara kategori Harga Paling Rasional, mereka terpilih sebagai SWK Pilihan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Arfaniansa  alias Cak Amel nongkrong dengan Ketua SWK Babat Jerawat Gultom, Jumat, 21 Juli 2023. Kami mengobrol tentang prestasi mereka di Surabaya Tourism Awards 2023. Inilah salah satu SWK yang sangat direkomendasikan. 

Selain gelar dua gelar yang sudah disebutkan, SWK itu juga menyimpan kuliner andalan. Cak Amel memenangkan kategori Rujak Cingur Terenak di Surabaya. Bagaimana rasanya? Silakan buktikan sendiri.

Dengan segala prestasi itu, SWK Babat Jerawat selalu ramai pengunjung. Bahkan, lokasinya juga sering dijadikan tempat arisan, reuni sekolah, sampai acara ulang tahun.

BACA JUGA:Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Pilihan Pembaca Disway: SWK Studio (29)

BACA JUGA:Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: SWK Jambangan Zona Nyaman (28)

Menurut Cak Amel, SWK membuka pintu seluas-luasnya bagi siapa saja yang mau berkegiatan di sana. Bahkan, ia dan pedagang di sana akan senang jika banyak yang membuat acara. ”Di sini juga ada live musik. Sehari dua kali. Siang sama malam. Fasilitas itu bisa dimanfaatkan secara gratis untuk yang buat acara di sini,” kata pria berambut pirang itu. 

Kebetulan Cak Amel juga yang mengurusi pertunjukan musik di sana. Ya dagang, ya musisi. Namun, untuk bisa mengadakan acara di sana, ada persyaratan yang harus dipenuhi. Yakni, tidak boleh membawa makanan dari luar. Semua harus makan dan minum dari 28 stan yang ada.


Area pemancingan di belakang SWK Babat Jerawat, Pakal-Dokumentasi Pribadi-

Dengan demikian, ada timbal balik bagi mereka. Untuk musik, akan ditarik tarif jika main di luar jadwal. ”Misalnya, kita main malam, jam 19.30 WIB, tapi tamunya minta sebelum jam itu,” tutur Cak Amel.

Beberapa instansi pemerintahan juga sering menggunakan SWK Babat Jerawat. Biasanya acara buka bersama atau pertemuan-pertemuan yang santai. Bahkan, saat masih menjadi wali kota, Tri Rismaharini pasti mampir ke SWK Babat Jerawat saat ada kegiatan di dekat sana. Kebiasaan itu diturunkan hingga era Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Salah satu nilai plus di SWK yang berdiri sejak 2012 itu adalah harganya yang terbilang murah. Dengan demikian, SWK Babat Jerawat juga dinobatkan sebagai SWK dengan harga paling rasional. ”Di sini, harga makanan dan minumannya gak lebih dari Rp 20 ribu. Rata-rata 15 ribuan lah,” ungkap Pak Gultom.

Selain kuliner yang murah meriah, tempat itu dekat dengan kolam pancing. Taman bermain yang dibangun Pemkot Surabaya juga menambah suasana teduh dan nyaman. Seperti bukan di Surabaya. (Pace Morris)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: