OTT KPK di Jakarta dan Bekasi, Sosok Pejabat Basarnas Ikut Kena Tangkap

OTT KPK di Jakarta dan Bekasi, Sosok Pejabat Basarnas Ikut Kena Tangkap

Gedung KPK-kpk.go.id-

HARIAN DISWAY - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru saja melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Cilangkap, Jakarta Timur dan Jatisampurna, Bekasi. Penangkapan dikonfirmasi terjadi pada siang hari sekitar pukul 14.00 WIB, Selasa, 25 Juli 2023. 

 

Salah satu sosok yang diamankan adalah Afri Budi Cahyanto selaku Koordinator Administrasi (Koorsmin) Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas). Ia merupakan anggota TNI Angkatan Udara (AU) berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) dan Korps Administrasi (Adm).

 

Afri Budi Cahyanto lulus sebagai alumni perwira berpangkat Letnan Dua (Letda) pada tahun ajaran 2002/2003. Tahun 2021, Afri sempat menjabat sebagai Kasibukku Koops III. Di tahun yang sama, ia ditugaskan menjadi Komandan Upacara dalam acara HUT TNI AU ke-75 yang bertempat di Biak. Letkol satu ini disebut-sebut merupakan orang kepercayaan Kabasarnas RI.

 

Sementara itu, Kabasarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi masih irit bicara ketika ditanya mengenai penangkapan anak buahnya. Ia mengaku mendapat kabar ditangkapnya Afri bukan dari penyidik KPK, melainkan dari pemberitaan di media.

 

Kegiatan tangkap tangan yang terjadi kemarin merupakan tindak lanjut terhadap adanya dugaan korupsi di Basarnas. “OOT atas dugaan penyerahan uang terkait tindak pidana korupsi dalam pengadaan barang dan jasa,” ungkap Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron. Ia mengatakan proses pemeriksaan kepada tersangka tengah dilakukan selama 1x24 jam.

 

 

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri juga menyebutkan bahwa Afri dan seluruh pihak yang diamankan dalam OTT KPK kali ini sedang menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK. (Rafilah Munika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: