Indonesia Jadi Salah Satu Negara Penerima Penghargaan Tiga Negara Pengirim Jemaah Terbesar dari Arab Saudi

Indonesia Jadi Salah Satu Negara Penerima Penghargaan Tiga Negara Pengirim Jemaah Terbesar dari Arab Saudi

Penyerahan penghargaan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Jeddah, Minggu, 30 Juli 2023-kemenag.go.id-

JEDDAH, HARIAN DISWAY – Indonesia menjadi salah satu dari tiga negara yang menerima apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah Arab Saudi. Penghargaan itu diberikan kepada negara pengirim jemaah haji terbesar tahun ini. Selain Indonesia, Pakistan dan Bangladesh juga menerima penghargaan tersebut.

 

Tahun ini Indonesia berada di peringkat pertama. Total kuota haji sebanyak 229 ribu jemaah yang terdiri atas haji reguler dan haji khusus. Jumlah awal kuota haji tahun ini adalah 221 ribu orang. Lalu ada tambahan 8 ribu kuota haji tambahan.

 

Sementara itu, Pakistan berada di peringkat kedua dengan total 179 ribu jemaah haji. Kemudian, Bangladesh menempati peringkat berikutnya dengan total 127 ribu jemaah haji.

 

BACA JUGA : Tanda-Tanda Haji Mabrur Sepulang Dari Tanah Suci. Apa Saja?

BACA JUGA : Kuota Diumumkan Cepat, Persiapan Haji Tahun Depan Bisa Lebih Matang

BACA JUGA : Belum Bisa Haji Tahun Ini? Simak Tahapan Penyelenggaraan Haji Tahun Depan

 

Apresiasi tersebut diberikan sebagai bentuk penghargaan atas kerja sama dalam proses pelayanan jemaah haji, terutama selama masa kedatangan dan kepulangan jemaah.

 

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Wakil Menteri Haji dan Umrah Abdul Fattah Mashat dan diterima oleh Konsul Haji KJRI Jeddah Nashrullah Jasam. Pemberian penghargaan tersebut terjadi di Jeddah, Arab Saudi.

 


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama istri juga menunaikan ibadah haji sebagai amirul hajj.-Dokumentasi Pribadi-

 

“Semalam, Kementerian Haji dan Umrah menggelar acara apresiasi di Jeddah untuk semua instansi yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah haji 1444 H. Saya hadir mewakili Indonesia,” ucap Nashrullah Jasam, Minggu, 30 Juli 2023, yang dikutip dari laman kemenag.go.id.

 

“Penghargaan oini terkait dengan pelayanan di Jeddah, atas sinergi pelayanan dengan GACA, Wukala, Keamanan Bandara, termasuk dalam proses layanan fast track, dan program lainnya,” tambahnya.

 

Ini kali ketiga Indonesia menjadi salah satu negara pengirim jamaah haji terbesar. Sebelumnya, Indonesia pernah meraih penghargaan tersebut bersama dengan Pakistan dan India pada 2022.

 

Hingga saat ini operasional ibadah haji Indonesia masih berlangsung. Berdasar data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) mencatat ada 188.251 jemaah haji yang telah pulang ke Tanah Air. Mereka tergabung dalam 500 kelompok terbang (kloter).

 

Sedangkan sebagian jemaah haji reguler masih berada di Madinah. Kloter terakhir dari Madinah akan terbang pada Jumat, 4 Agustus 2023 yang menandakan berakhirnya operasional haji tahun ini di Indonesia. (Rafilah Munika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: