Film Barbie Bikin Boneka dan Museum Makin Laris di Jerman

Film Barbie Bikin Boneka dan Museum Makin Laris di Jerman

DUSSELDORF, HARIAN DISWAY ­ Bettina Dorfmann memang luar biasa. Perempuan 62 tahun itu punya rekor. Mengoleksi 18 ribu boneka Barbie. Dan koleksinya makin tersohor karena perilisan film Barbie.

 

Perempuan 62 tahun itu mulai mengoleksi Barbie pada 1993. Tetapi, boneka pertama sudah dimilikinya pada 1966, saat ia berumur lima tahun.

 

"Saya suka boneka Barbie karena saya bermain dengan mereka waktu saya kecil. Itu adalah waktu terindah bagi saya,’’ ucap Dorfman.

 

Dorfmann sebenarnya ingin menularkan kegemaran itu pada putrinya. Sayangnya, sang putri tidak tertarik mengoleksi boneka tersebut. ’’Katanya terlalu kuno. Saat itulah saya mulai mengoleksi untuk diri saya sendiri,’’ ucap Dorfmann.

 

Perempuan itu secara tekun mengumpulkan satu demi satu boneka selama 28 tahun. Akhirnya, dia punya museum boneka Barbie di Dusseldorf, Jerman. Koleksinya pun diakui oleh Guinness World Records sebagai yang terbanyak di dunia.

 


Bettina Dorfmann di tengah-tengah koleksinya di Dusseldorf, Jerman.-Ina Fassbender-AFP-

 

Di museum itu, Dorfmann kerap menggelar pameran barbie. Biasanya, ada 5 ribu-20 ribu pengunjung dalam sekali pameran. ’’Tetapi, sejak film Barbie dirilis, saya dengar peminatnya benar-benar meningkat,’’ katanya.

 

Selain bonekanya menjadi laris, permintaan katalog Barbie juga melesat. Dan katalog itu benar-benar menjadi penanda zaman. Di situ tampak bahwa Barbie—yang diperankan oleh Margot Robbie dalam film—mewakili berbagai era, etnis, dan profesi.

 

Permintaan boneka Ken—yang dimainkan Ryan Gosling dalam Barbie—juga melonjak.

 

Selain museum, Dorfmann juga punya ’’rumah sakit boneka’’. ’’Pada tahun 90-an, saya mulai memperbaiki boneka saya sendiri. Juga membeli beberapa ’suku cadang’ seperti lengan dan kaki. Saya memang suka memperbaiki,’’ akunya.

 

BACA JUGA : Dukung Barbenheimer, Bintang Oppenheimer Cillian Murphy 100 Persen Nonton Barbie

BACA JUGA : Barbie: Dijual ke Laki-laki Dewasa Malah Laku ke Anak-anak

BACA JUGA : Tayang Pekan Depan, Intip Promosi Film Barbie yang Nggak Biasa!

 

Ongkos perbaikannya mulai 10 euro atau sekitar Rp 166 ribu. Tetapi, kalau modelnya langka, biayanya bisa 500-600 euro. Itu senilai Rp 8,2 juta-10 juta.

 

Dorfmann mengaku sudah dua kali menonton Barbie. Dia menganggap film itu sangat luar biasa. Penonton juga berjibun. Menurut perhitungan, film Barbie menduduki puncak chart bioskop di Jerman dengan penjualan tiket menembus 732 ribu. (Alda Rizky Nur Afida Abdullah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: