Poros Kebangsaan IKN Tempat Upacara Bendera dan Seremoni, Ditarget Rampung Desember 2023

Poros Kebangsaan IKN Tempat Upacara Bendera dan Seremoni, Ditarget Rampung Desember 2023

Situs konstruksi seremonial plaza di poros kebangsaan KIPP IKN Nusantara Kalimantan Timur-Kementerian PUPR-

PENAJAM, HARIAN DISWAY - Kementerian PUPR menargetkan pembangunan poros kebangsaan tahap 1 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibukota Negara (IKN) Nusantara rampung pada akhir tahun 2023. 

Pembangunan KIPP tahap 1 meliputi pengerjaan plaza seremoni (ceremonial plaza) yang akan digunakan untuk upacara bendera pada ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 tahun 2024 nanti. 

Ketua Bidang Pelaksanaan Penataan Kawasan Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Didiet Arief mengatakan, hingga akhir Juli 2023 progres pekerjaan Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I sudah mencapai 48,38 persen. 

BACA JUGA:Poros Kebangsaan IKN Mulai Dibangun

"Progres ini lebih cepat dari target rencana yang ditetapkan sebesar 46,8 persen. Untuk itu kami optimis pekerjaan dapat rampung sesuai kontrak yakni pada Desember 2023," kata Didiet pada Kamis 3 Agustus 2023 

Secara filosofis, sumbu Kebangsaan di KIPP IKN Nusantara merupakan ruang terbuka yang menjadi simbol hubungan harmonis antar alam, manusia dan nilai luhur kebudayaan. 

Nantinya, Sumbu Kebangsaan ini secara imajiner akan menghubungkan Istana Presiden hingga Mangrove Ecopark melalui serial ruang terbuka, mulai dari Plaza Seremoni, Plaza Sipil/ Bukit Bendera, Plaza Bhinneka, Science and Tech Park, Plaza Adi Budaya, Plaza Pertunjukan hingga Plaza Demokrasi.


Poros kebangsaan dilihat dari view Istana Kepresidenan, tampak paling dekat adalah plaza sermoni dan plaza sipil/bukit bendera di kejauhan. Ujung dari poros ini adalah mangrove ecopark-Kementerian PUPR-

BACA JUGA:Infrastruktur IKN On Schedule, Bisa Dibuat Upacara Bendera 17 Agustus 2024

Pekerjaan Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I (Plaza Seremoni) dilakukan secara bertahap dengan mekanisme design and build sejak Desember 2022. 

Konstruksinya dilaksanakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero), dengan Konsultan Manajemen Konstruksinya oleh PT Virama Karya (Persero) dengan kerjasama operasi (KSO) dengan PT Laras Sembada. 

Adapun nilai kontrak pekerjaan yakni sebesar Rp 365,8 miliar.

BACA JUGA:Rumah Menteri dan Kantor Kemenko di IKN Mulai Dibangun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: