Ikatan Sarjana NU Usulkan Tiga Nama Cawapres dari NU: Khofifah, Muhaimin, dan Ali Masykur Musa

Ikatan Sarjana NU Usulkan Tiga Nama Cawapres dari NU: Khofifah, Muhaimin, dan Ali Masykur Musa

Ketua Ikatan Sarjana NU Ali Masykur Musa dalam Muspimnas ISNU di Palembang-ISNU for Harian Disway-

HARIAN DISWAY - Rapat Pimpinan Nasional Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama dilangsungkan di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, selama dua hari. Yakni, 4 dan 5 Agustus 2023.  

Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa keputusan penting. Baik untuk internal organisasi maupun untuk eksternal.  

Salah satu yang dibahas adalah mengenai peran ISNU dalam Pilpres 2024. Setelah melalui diskusi yang intens, ISNU menyepakati bahwa harus ada kader NU yg bisa dijadikan Wapres.

BACA JUGA:PBNU Finalisasi Fatwa Hukum Ekspor Pasir Laut. Para Kiai Menganggap Belum Mendesak

Meski demikian, harus dengan catatan mempertimbangkan dinamika politik dan strategi yang jitu penuh perhitungan. 

Ada tiga nama yang akan diusulkan oleh ISNU. Yakni Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum PP ISNU sendiri yakni Dr. KH Ali Masykur Musa. 

Ali Masykur sendiri dinilai sangat potensial menjadi kuda hitam calon Wapres untuk mendampingi 3 calon presiden (capres) yang sudah ada saat ini. 

Rapimnas dibuka oleh Ketua Umum PP ISNU Dr KH Ali Masykur Musa, dihadiri Sekjen PP ISNU, Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru, Ketua PW NU Sumsel, dan sekitar 200 pimpinan Wilayah yang terdiri Ketua dan Sekretaris PW ISNU se Indonesia. 

BACA JUGA:PBNU Gagas IIDC ASEAN, Promosikan Harmoni dan Perdamaian Internasional Antaragama

Kemudian juga Banom NU di Sumsel dan perwakilan Ormas. 

Dalam sambutannya, DR KH Ali Masykur Musa menekankan pentingnya pengkaderan, digitalisasi organisasi, peran sosial politik dan ekonomi ISNU, serta peran dalam penguatan perekat kebangsaan dan keagamaan.

Rapimnas menyetujui rencana Kongres PP ISNU ke-3 akan dilaksanakan paling lambat setahun setelah masa periode kepengurusan berakhir, yaitu setelah Pilpres 2024. 

BACA JUGA:Peluncuran Buku Refleksi Forum R20, Rektor UGM Apresiasi Inisiasi PBNU Menggagas Dialog Antar Agama

"Rapimnas menyetujui Ralimnas III yang akam dilaksanakan sebelum kongres. Banyak pimpinan wilayah di luar pulau Jawa yang mengusulkan diri menjadi tuan rumah Rapimnas dan Kongres III," kata Ali Masykur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: