Swedia Buat Jalan Pengisi Daya Kendaraan Listrik

Swedia Buat Jalan Pengisi Daya Kendaraan Listrik

Proses pemasangan rel listrikdi sepanjang jalan di Swedia.-The Guardian-

SWEDIA, HARIAN DISWAY- Kendaraan merupakan alat transportasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.  Baik dekat maupun jarak yang bermil-mil jauhnya. Namun, hampir semua kendaraan di dunia berbahan bakar bensin. Akibatnya kendaraan menjadi faktor utama globalisasi sebab menyumbang gas CO2 terbanyak. 

Swedia merupakan salah satu negara yang memiliki terobosan untuk aksi globalisasi. Jalanan di Negara ini adalah yang pertama di dunia yang menawarkan pengisian daya langsung untuk mobil dan truk listrik saat melintas. Ini adalah upaya negara Swedia untuk mengurangi emisi gas karbondioksian atau CO2.

BACA JUGA:2045 Semua Angkutan Umum Pakai Kendaraan Listrik

BACA JUGA:Ada Tiga Skema Subsidi Kendaraan Listrik

Ide ini terbit setelah Uni Eropa mengeluarkan maklumat undang-undang yang mewajibkan negara-negara di Eropa menggunakan mobil listrik dengan zero CO2 untuk berkendara pada 12 tahun mendatang.

Pakar ahli mengungkapkan, jalan E20 ini akan sangat memudahkan pengendara mobil atau lori menempuh jarak jauh dengan baterai seadanya. Hal ini berarti pengemudi tak harus antre di charging stations untuk men-charger kendaraan mereka.

E-motorway akan mulai dibangun pada akhir tahun 2025. Jalan E20 ini rencananya akan dibentangkan hingga sepanjang dari 3.000 km pada tahun 2045. 

Sejauh ini, sudah 2 kilometer rel listrik dipasang di jalanan raya yang dekat dengan daerah Stockholm. Pemerintah setempat juga mengupayakan perluasan ke jalan lainnya seperti Gothenburg, Malmo, dan jalan besar lainnya. 

BACA JUGA: PLN Siap Optimalkan Ekosistem Kendaraan Listrik

BACA JUGA:Pengguna Kendaraan Listrik Wajib Bawa SIM, Segini Batas Kecepatannya

Bukan tanpa alasan. Beberapa daerah itu sengaja dipilih karena jalan raya lalu lintas yang dipadati dengan berbagai kendaraan besar memuat barang komersial, sekaligus memiliki catu daya yang dibutuhkan.

Setiap 50 meter, e-motorway memiliki daya pengisian yang hanya dialiri listrik saat kendaraan melintas. Mekanisme kinerja jalan E20 hampir sama dengan trek Scalextric. Yakni pengisian daya akan terputus secara otomatis ketika kendaraan lain menyalip. Apabila kendaraan berhenti, sistem ini dapat menghitung konsumsi energi kendaraan yang memungkinkan biaya listrik didebit per kendaraan dan pengguna.

Proyek jaringan listrik semakin kuat untuk mengantikan bahan bakar batu bara serta minyak, penyimpanan baterai yang cukup dianggap sebagai hal krusial dalam pencegahan perubahan iklim ataupun globalisasi. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: