6 Rekomendasi Ramen Terenak di Tokyo, Dari Gang Sempit Sampai Dapat Bintang Michelin

6 Rekomendasi Ramen Terenak di Tokyo, Dari Gang Sempit Sampai Dapat Bintang Michelin

6 REKOMENDASI ramen paling enak di Tokyo, Jepang.-channel news asia-

MacDuckston menjuluki kedai di Akihabara ini sebagai salah satu depot ramen shio (garam) paling enak di Jepang. Rahasianya terletak pada bumbu yang digunakan. Salah satunya garam. Si koki tidak menggunakan garam biasa. Namun kombinasi garam laut, garam gunung, hingga garam danau untuk mencipatakan keseimbangan cita rasa yang sempurna.

Minya home-made. Kaldunya beraroma umami kental. Dan topping-nya bermacam-macam. Mulai dari telur yang dimasak sempurna, daging babi panggang, semur ayam legit, hingga wonton isi udang. Karena lokasinya di tengah distrik Akihabara, depot ini cocok jadi jujukan ketika kita hanya punya sedikit waktu untuk berkeliling.


6 REKOMENDASI ramen paling enak di Tokyo, Jepang. Ini adalah antrean di depan Konjiki saat jam makan.-Brian MacDuckston-Channel News Asia

4. Konjiki Hototogisu
2-4-1 Shinjuku No 22, Kyutei Mansion 1F


6 REKOMENDASI ramen paling enak di Tokyo, Jepang.-Brian MacDuckston-Channel News Asia

Well, tidak semua ramen enak ditemukan di kedai kecil. Resto milik Chef Yamamoto ini didirikan pada 2006, di kawasan Shibuya. Popularitasnya dengan cepat menyebar di kalangan chef internasional, yang berlomba-lomba berkunjung ke sana demi menikmati racikan spesial kolega mereka.

Gerai Shibuya menjadi semakin terkenal sejak 2015. Tepatnya setelah masuk daftar Michelin Bib Gourmand Tokyo. Belum dapat bintang Michelin, tapi sudah disebut sebagai makanan superenak dengan harga terjangkau. Baru pada 2019, ia benar-benar naik status dengan meraih satu bintang Michelin. Ia menjadi satu dari tiga kedai ramen di Jepang yang mengantongi bintang Michelin.  

BACA JUGA: Bakso Mercon, Si Superpedas Teman Nasi

Menurut MacDuckston, yang bikin rasanya berbeda dengan yang lain adalah kaldunya. Yamamoto memasukkan kerang pada campuran kaldu. Sehingga di balik rasa umaminya yang khas, ada cita rasa seafood yang gurih, sedikit manis, tapi supersegar.  

5. Yamaguchi
3 Chome-13-4 Nishiwaseda, Shinjuku City


6 REKOMENDASI ramen paling enak di Tokyo, Jepang.-Brian MacDuckston-Channel News Asia

Masih di area Shinjuku, McDuckston menyarankan Yamaguchi untuk masuk list selanjutnya. Ia spesialis menyajikan tori soba (mi ayam), yang kaldunya 100 persen dari ayam. Tidak seperti tempat ramen lain, yang biasanya memasukkan potongan babi untuk memperkaya rasa. Meskipun, ketika disajikan, ada irisan pork-nya.

BACA JUGA: Membuat Haemul Pajeon, Pancake Khas Korea yang Lezat

Meskipun kuahnya tidak mengandung babi, rasanya masih sangat gurih dan kaya. Setidaknya menurut standar McDuckston. Tempat ini belum mendapatkan bintang Michelin. Tapi setiap tahun masuk list Bib Gourmand sejak 2015. Seperti biasa, tempatnya kecil. Hanya menyediakan meja bar di depan open kitchen. Kita bisa menonton koki memasak. Di jam makan, ia cukup ramai. Tapi antreannya cepat maju. Karena biasanya orang hanya datang untuk makan.

6. En
Yokoyamacho 21-21, Hachioji-shi


6 REKOMENDASI ramen paling enak di Tokyo, Jepang.-Brian MacDuckston-Channel News Asia

Dari kelima kedai yang ia sarankan, mana yang menurut McDuckston paling enak? ’’Tidak bisa pilih salah satu. Ini semua soal hunting,’’ katanya. Dan jika jiwa hunting itu belum terpuaskan, kita bisa mencoba satu kedai lagi. Namanya En. Agak jauh di luar pusat kota Tokyo. Tepatnya di Hachioji, sekitar 1 jam naik kereta dari Shibuya.

Ini agak tidak worth it didatangi demi semangkuk mi kuah. Selain tempatnya jauh, kalau telat sedikit, kita bisa kehabisan. Dan kadang, ketersediaan varian supnya terbatas. Tapi, kalau memang datang ke sana, kita bakal disodori tiga opsi kaldu. Yakni niboshi (ikan), mukashinagara (diterjemahkan sebagai ramen old school) yang menawarkan sensasi ramen klasik masa lalu, dan ramen shio (garam) yang kental kuah ikannya.

Mana yang paling ingin Anda coba? (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: channel news asia