6 Rekomendasi Ramen Terenak di Tokyo, Dari Gang Sempit Sampai Dapat Bintang Michelin

6 Rekomendasi Ramen Terenak di Tokyo, Dari Gang Sempit Sampai Dapat Bintang Michelin

6 REKOMENDASI ramen paling enak di Tokyo, Jepang.-channel news asia-

HARIAN DISWAY - Makanan-makanan paling enak di dunia tidak ditemukan di resto paling mewah. Atau di hotel bintang tujuh sekalipun.

Makanan paling lezat hadir dari racikan koki-koki yang berjualan dengan gerobak di pinggir jalan. Di kedai-kedai yang berjajar di gang sempit. Dan di depot-depot kuno milik keluarga yang resepnya diwariskan secara turun-temurun.

Itulah yang diburu Brian MacDuckston selama 12 tahun terakhir di Tokyo, Jepang. Awalnya, ahli IT asal San Francisco itu merasa bosan berurusan dengan komputer dan mesin. Ia ingin menjernihkan kepala dengan pindah di Tokyo. Rencananya sih, hanya setahun. Namun, ia ternyata betah. Dan berubah menjadi pakar ramen.

BACA JUGA: Ramen dengan Resep Otentik Jepang Hadir di Surabaya


6 REKOMENDASI ramen paling enak di Tokyo, Jepang, menurut pakar ramen Brian MacDuckston.-channel news asia-

’’Waktu kali pertama datang ke Tokyo pada 2009, aku menyadari sesuatu. Turis dan orang-orang asing yang tinggal di sini tidak ada yang mendatangi depot-depot ramen kecil. Yang otentik. Mungkin karena tempatnya tidak trendy,’’ papar MacDuckston, seperti dikutip Channel News Asia.

Ia akhirnya meriset ramen-ramen paling enak di seantero Tokyo. Dari blog-blog dan artikel khusus ramen, menonton acara kuliner Jepang, dan tentu saja, mencobai sendiri ramen-ramen yang direkomendasikan oleh sumber-sumbernya. Seketika, MacDuckston sendiri menjadi foodie spesialis ramen yang andal.

BACA JUGA: Mencicipi Ramen Otentik di Pasar Keputran

Hasil riset ia tulis dalam blognya. Lalu dibukukan. Kini, blog itu—dan juga bukunya—menjadi direktori nomor satu buat turis yang ingin berburu ramen otentik di Tokyo. Yang terselip di gang-gang kecil Tokyo. Tak jauh dari hiruk pikuk Shibuya atau Harajuku. Tapi cukup tersembunyi.

Berikut 6 rekomendasi ramen paling enak di Tokyo, menurut Brian MacDuckston.

1. Soranoiro
Bluebill Main Building 1B, Hirakawacho 1-3-10, Chiyoda-ku


6 REKOMENDASI ramen paling enak di Tokyo, Jepang.-Brian MacDuckston -Channel News Asia

Gerai ramen milik chef Chihiro Miyazaki ini memiliki empat cabang. Pusatnya ada di dekat stasiun Kojimachi, berdiri sejak Juni 2011 silam. Meski bertitel flagship, konsepnya sama dengan gerai yang lain. Tempatnya mungil, hanya menyediakan beberapa tempat duduk. Sehingga menciptakan antrean panjang di jam-jam makan.  

Menurut MacDuckston, Miyazaki membawa kelezatan ramen jalanan ke customer yang lebih elite. ’’Mulai enam tahun lalu, toko-toko ramen mulai memperbaiki tampilan kedai dan presentasi makanannya. Untuk menarik klien yang lebih luas,’’ papar MacDuckston. Dulu, kebanyakan toko ramen becek dan bau. ’’Pengunjungnya didominasi cowok, dan kalau duduk sendirian tidak nyaman,’’ tuturnya.

Itulah kenapa, Sora No Iro mengklaim sebagai warung di mana ladies bisa makan sendirian tanpa merasa risih. Salah satu menu andalannya adalah ramen vegan. Tanpa kaldu daging maupun ikan, aroma umami yang sangat lezat masih menguar dari kuahnya yang hangat dan kental.   

BACA JUGA: Masuk Daftar 10 Best Rated Soups In The World, Begini Resep Rawon Khas Surabaya!

2. Noodle Stand Tokyo
Shibuya City, Jingumae, 1−23


6 REKOMENDASI ramen paling enak di Tokyo, Jepang.-Brian MacDuckston-Channel News Asia

Lokasi kedua lebih dekat dengan destinasi turis. Yakni Harajuku. Noodle Stand Tokyo tersembunyi di sebuah basement, sekitar 100 meter dari Takeshita Dori, pedestrian pusat belanja. Menyediakan berbagai jenis ramen. Dari yang ’’normal’’ sampai yang agak ekstrem. Kedainya kecil tapi sangat bersih.

Untuk yang vegetarian, ada ramen miso santan berkuah creamy. Dilengkapi potongan protein dari kedelai yang bertekstur kenyal, sebagai pengganti irisan daging babi. Buat yang diet, kita juga bisa memesan ramen yang bebas gluten. Nah, buat yang makan apa saja boleh, ada opsi ramen black fat. Yang kuahnya gelap sekali, nyaris sehitam rawon, karena kaldunya penuh lemak.      

BACA JUGA: Rawon Dalam Daftar 10 Best Rated Soups In The World, Penggunaan Kluwek Disorot

3. Motenshi Kuroki


6 REKOMENDASI ramen paling enak di Tokyo, Jepang.-Brian MacDuckston-Channel News Asia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: channel news asia