Kegalauan Siti Susui Anak Sendiri

Kegalauan Siti Susui Anak Sendiri

Ilustrasi bayi tertukar di Bogor. -ilustrasi-Yusuf Ridho

Sudah setahun Siti Mauliah, 37, menyusui bayi yang dirasa bukan anaknyi. Hasil tes DNA, Mei 2023, bayi lelaki itu bukan anak biologis Siti. Sebaliknya, perempuan terduga menyusui bayi Siti, bernama Dian, ogah diminta tes DNA. Sebab, dia juga sudah setahun ini menyusui bayi tersebut.

KASUS bayi tertukar di RS Sentosa, Bogor, setahun lalu itu baru heboh sekarang. Viral di medsos. Diberitakan hampir semua media massa. Sementara itu, Siti galau luar biasa pada si bayi. Antara sayang dan bimbang. Antara cinta dan gelisah.

Perkara itu sudah dilaporkan ke Polres Bogor. Namun, polisi masih mempelajarinya.

Siti Mauliah kepada wartawan Jumat, 11 Agustus 2023, menceritakan kronologi kejadiannya.

Senin siang, 18 Juli 2022, Siti, warga Desa Cibeuteung Udik, Ciseeng, Bogor, Jabar, melahirkan anak keempat secara caesar di RS Sentosa di Jalan Raya Kemang, Desa Pondok Udik, Kemang, Bogor. 

Dia didampingi sang suami, Muhammad Tabrani, 52.

Lahirlah bayi lelaki. Sehat. Ganteng. Setelah dibersihkan perawat, bayi diserahkan kepada Siti, disusui. Bayi langsung menyusu. Sampai bayi tidur di pelukan Siti.

Pukul 23.00 WIB hari itu juga, perawat mengambil bayi untuk diletakkan di boks di ruang bayi. Maksudnya supaya bayi leluasa tidur sendiri.

Selasa pagi sekali, 19 Juli 2022, bayi dibawa perawat, diserahkan lagi ke Siti untuk disusui. Bayi tidak mau menyusu. Siti mengamati bayi. Dia heran. Bentuknya beda dengan yang kemarin. Begini deskripsi menurut Siti.

”Di hari pertama, saya kasih ASI ia mau. Pagi itu ia enggak mau. Saya peratiin, bayinya beda. Kemarin bayinya putih, imut kayak cewek. Mirip suami saya. Ini kulitnya agak gelap.”

Siti mulai ragu. Dia perhatikan lebih teliti. Deskripsi lebih detail begini.

”Rambutnya juga beda. Kalau yang ini rambutnya lebat banget. Kalau yang awal itu agak tipis.”

Kagak pake lama, Siti komplain ke perawat, bayi tersebut bukan anak yang Siti lahirkan kemarin. Bentuknya beda. Sebaliknya, suster menegaskan bahwa itu bayi Siti. Bayi yang dilahirkan Siti kemarin.

Penegasan itu membuat Siti agak lega. Tapi, dia masih bimbang. Ragu. Kebimbangan dia sampaikan ke suami, Tabrani. Suami pun meyakinkan Siti bahwa itu anak mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: