Agustusan Terakhir di Jakarta?

Agustusan Terakhir di Jakarta?

Ilustrasi upacara HUT Kemerdekaan RI yang terakhir di Istana Merdeka Jakarta. Inikah upacara agustusan terakhir di Istana Merdeka? --

PERINGATAN HUT Kemerdekaan RI tahun ini, 2023, bakal bersejarah. Ini akan menjadi upacara kenegaraan terakhir di halaman Istana Merdeka, Jakarta. 

Presiden Jokowi sudah mencanangkan tahun depan, HUT ke-79, digelar di IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara. Jokowi pun sangat optimistis di saat sebagian publik masih pasimistis. 

Semangat Jokowi untuk secepatnya menggelar upacara di IKN pun sudah terasa saat ini. 

BACA JUGA:Promo HUT RI Ke-78: Tiket Kereta Api Cuma 78 Ribu. Simak Ketentuan dan Tanggal Berlakunya

BACA JUGA:Daftar Promo Spesial HUT Ke-78 RI: Mulai KFC, McD, Pizza Hut, Burger King, sampai Richeese

Peringatan tahun ini, HUT ke-78, sudah dikait-kaitkan dengan IKN. Pusat acara masih di Istana Merdeka, Jakarta, tapi Jokowi akan mengadakan video conference dengan peserta upacara di IKN. Di kota yang mulai dibangun itu, upacaranya dipimpin Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. 

Tak hanya itu. Suasana upacara di Istana Merdeka sekarang sudah kental dengan IKN. Antara lain, tampak pada ornamen di pilar istana berupa bilah-bilah sayap garuda mirip yang dibangun di IKN.

Bisa dikatakan, upacara sekarang masih di Jakarta, tapi separuh pikiran dan semangat Jokowi sudah berada di Kota Nusantara. 

BACA JUGA:Peringatan HUT RI ke-78, Kemenkes Berikan Vaksin Diare Gratis Untuk Seluruh Bayi Indonesia

BACA JUGA:Beda Solusi Soal Polusi Udara Jakarta, Jokowi Pindah ke IKN, Budi Ajak Pindah ke Motor Listrik

Kalau berdasar jadwal pilpres, pemilihan presiden dilaksanakan 14 Februari 2024. Sedangkan pelantikan presiden baru Oktober 2024. Berarti, agustusan 2024 Jokowi masih menjabat. Inilah yang membuat Jokowi ingin mengawali upacara kenegaraan perayaan kemerdekaan di ibu kota baru. 

Pemerintah pun sudah menyiapkan skenario mengusung 16.990 ASN dan anggota TNI-Polri tahun depan. Menteri PAN-RB Azwar Anas yakin berjalan lancar, pemindahan tahap pertama awal tahun 2024. 

Tentu menjadi tantangan bagi pemerintah menyiapkan fasilitas bagi para ASN itu. Perumahannya? Fasilitas penunjang, seperti sekolah untuk anak keluarga ASN, dan pusat ekonomi. Kejar-kejaran dengan waktu yang tinggal setahun. 

BACA JUGA:Cerita di Balik Makna Pohon Hayat yang Jadi Logo Ibu Kota Nusantara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: