Demi Kebanggaan Nasional, Italia Melunasi Utang Turis Ngemplang

Demi Kebanggaan Nasional, Italia Melunasi Utang Turis Ngemplang

Pusat jajanan di Tirana, Albania, yang menjadi jujukan turis asing.-Ludovic Martin-AFP-

TIRANA, HARIAN DISWAY – Pemerintah Italia malu banget. Mereka mendapat laporan bahwa banyak turis dari Negeri Pizza itu yang ngemplang di Albania. Turis itu tidak membayar dan melarikan diri setelah makan di sebuah restoran di kota Berat. Wah, beraaat…

 

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni pun minta para diplomat Italia di Albania bertindak, Jumat, 18 Agustus 2023. Yang ketiban sampur adalah Kedutaan Besar Italia di Albania. Mereka tergopoh-gopoh membayar tagihan restoran tersebut.

 

Adalah Perdana Menteri Albania Edi Rama yang kali pertama mencetuskan kejadian tidak mengenakkan tersebut. Awalnya, Rama bertemu dengan Meloni yang sedang berlibur ke Albania.

 

BACA JUGA : Eropa Terus Kebanjiran Turis, Pemerintah Setempat Terapkan Regulasi Baru

 

Rama bercerita bahwa sebuah restoran di Berat menggerutu. Sebab, empat turis Italia tiba-tiba menghilang setelah makan. Ogah membayar.

 


Pemandangan kota Tirana, Albania. Kian banyak turis Italia yang mengunjungi negara tersebut.-Ludovic Martin-AFP-

 

’’Meloni mengerutkan dahi lalu memerintah duta besarnya. ’Pergi dan bayar tagihan orang-orang bodoh ini. Lalu buat pernyataan resmi. Italia tidak boleh kehilangan harga diri seperti ini,’,’’ kata Rama yang dikutip media Italia, La Stampa.

 

Kedutaan pun manut. Mereka menggelar konferensi pers. ’’Berdasar rekomendasi Perdana Menteri Giorgia Meloni, kami telah menyelesaikan tagihan yang tidak terbayarkan oleh sekelompok turis Italia di kota Berat. Italia menghormati aturan dan membayar utang. Kami berharap insiden ini tidak akan terulang,’’ bunyi pernyataan resmi kedutaan yang dikutip oleh Agence France-Presse.

 

BACA JUGA : Cara Venezia Kurangi Sampah Plastik, Turis Harus Minum dari Air Mancur

 

Lalu, berapa tagihan itu. Ternyata 80 euro atau sekitar Rp 1,3 juta untuk empat orang. Artinya, rata-rata per orang makan senilai Rp 300 ribu lebih.

 

Wah, wah, kebangetan… (Doan Widhiandono)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: