Simak Perubahan Jalur Flyover Aloha Ketika Berfungsi pada Desember 2023

Simak Perubahan Jalur Flyover Aloha Ketika Berfungsi pada Desember 2023

Gambar desain jalur baru Flyover Aloha -BBPJN Jawa-Bali -

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Pembangunan Flyover Aloha ditarget tuntas pada Desember nanti. Bahkan diperkirakan sudah mulai dilintasi pada momen hari raya Natal.

Perubahan lalin bakal memecah kemacetan di jalur vital itu: menuju Bandara Juanda.

Berikut perubahan jalurnya:

  1. Jalur Sidoarjo ke Surabaya tidak ada perubahan. Pengguna jalan bisa melintasi frontage road seperti biasa. Persis di sisi barat SPBU Aloha.
  2. Jalur Surabaya ke Sidoarjo pun demikian. Bisa melewati jalan yang sama. Tapi, posisinya nanti di bawah jembatan layang.
  3. Jalur Sidoarjo - Juanda atau Juanda - Sidoarjo akan melintasi jalan baru. Yakni jembatan layang Flyover Aloha A.
  4. Jalur Juanda - Surabaya atau Surabaya - Juanda juga akan melintasi jalan baru. Yakni jembatan layang Flyover Aloha B. Posisinya saling silang dengan Flyover Aloha A.

Proyek Flyover Aloha yang berganti nama menjadi Flyover Djuanda diharapkan mampu memecah kemacetan akut di Sidoarjo. 

Yakni, di titik bundaran Aloha yang selama ini menjadi bottle neck kendaraan. Terutama di jam-jam pulang dan berangkat kerja. 

Tujuannya memang untuk meningkatkan aksesibilitas pada ruas Jalan Nasional lintas Pantura, Jawa Timur. Juga khususnya akses menuju dan keluar Bandara Internasional Juanda.

BACA JUGA:Jalan Raya Waru Ditutup untuk Pembangunan Flyover Aloha, Catat Jalur Alternatifnya!

BACA JUGA:Puluhan Alutsista Canggih Militer Australia Siap Ikut Latihan Super Garuda Shield 2023

Flyover Djuanda persis dibangun pada persimpangan Jalan Nasional ruas Waru - batas Kota Sidoarjo hingga ruas jalan akses ke Bandara Juanda, yang mana ruasnya berada tepat di persimpangan rel kereta api.


FLYOVER DJUANDA, BUKAN ALOHA: Konstruksi jalan layang (flyover) yang sedang dibangun di atas Bundaran Aloha. Resmi diberi nama Flyover Djuanda dari nama tokoh pembangunan dan mantan Perdana Menteri Indonesia Djuanda Kartawidjaja-Kementerian PUPR-

"Harapannya seperti itu. Semoga kemacetan di titik ini bisa terurai maksimal. Mohon doanya," ungkap Pejabat Pembuat Komitmen Pelaksanaan Jalan Nasional I Made Gede Widhiyasa saat konferensi pers, Jumat, 25 Agustus 2023.

Ya, pembangunan Flyover Aloha ini masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tertuang dalam dalam Perpres No 80 tahun 2019.

Dikerjakan oleh Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa-Bali di bawah naungan Kementerian PUPR.

Total biaya pembangunan proyek mencapai Rp 332 triliun. Dikerjakan mulai 1 November 2022 dan ditarget rampung pada 22 April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: