Diet DASH Sangat Fleksibel, Tapi Jangan Sampai Lakukan Kesalahan-Kesalahan Ini…

Diet DASH Sangat Fleksibel, Tapi Jangan Sampai Lakukan Kesalahan-Kesalahan Ini…

BERKENALAN dengan DASH, diet fleksibel untuk mencegah hipertensi. Ini adalah contoh porsi makan sehari-hari.-Jane Doan-Pexels -

HARIAN DISWAY – Diet DASH sedang naik daun belakangan ini. Oleh US World News and Report, diet ini menggeser diet mediterania sebagai pola makan paling sehat pada 2023.

American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa diet DASH sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Juga sangat efektif untuk mencegah hipertensi.

Sebenarnya, pola makan dalam diet DASH tidak jauh berbeda dengan diet mediterania. Makanan-makanan yang disarankan juga mengutamakan buah, sayur, kacang-kacangan, serta makanan utuh lain seperti biji-bijian.

BACA JUGA: Berkenalan dengan DASH, Diet Fleksibel yang Bisa Mencegah Hipertensi

Pelaku diet juga disarankan mengonsumsi susu rendah lemak, ikan, dan unggas tanpa kulit. Makanan laut, asal fresh (bukan kalengan, Red), juga masih aman.


BERKENALAN dengan DASH, diet fleksibel untuk mencegah hipertensi.-Mayo Clinic-

Kedua diet tersebut juga berfokus pada pembatasan kandungan garam serta lemak jenuh dalam makanan. Asal kedua unsur tersebut dikurangi dalam menu sehari-hari, dijamin diet DASH Anda berhasil.

Namun, ada kalanya diet DASH tidak menghasilkan efek yang diharapkan. Hal itu, patut diduga, karena pelaku diet masih melakukan beberapa kesalahan.

BACA JUGA: Dua Prinsip Diet ala Jepang yang Tidak Menyiksa, Masih Bisa Makan Dessert dan Jajanan Ringan!

Jika Anda ingin menerapkan diet DASH, Anda harus mengetahui beberapa kesalahan umum yang sering terjadi pada kebanyakan orang. Berikut di antaranya.

1. Tidak ada Perencanaan


BERKENALAN dengan DASH, diet fleksibel untuk mencegah hipertensi. Ini adalah contoh porsi makan sehari-hari/-Mayo Clinic-

Melakukan diet DASH tanpa perencanaan adalah hal yang sangat tidak tepat. Diet ini akan sangat efektif jika dilakukan dengan perencanaan matang. Salah satunya, menyiapkan menu-menu makanan dengan resep dan takaran yang tepat. Jika Anda melakukan kesalahan saat diet, jangan merasa tertekan. Segera lakukan perubahan pola.

2. Mudah Percaya Iklan

Beberapa produk yang dilabeli ramah untuk jantung belum tentu memiliki kandungan nutrisi yang cukup. Walaupun dalam kemasan tertulis bahan-bahan yang baik untuk diet DASH—misalnya seperti biji-bijian dan granola—pastikan selalu cek kandungan nutrisi dalam kolom informasi nilai gizi di kemasan produk. Ini untuk memastikan bahwa nutrisi yang terkandung dalam produk itu sudah tepat.

BACA JUGA: 8 Tips Diet Sehat dan Mudah untuk Anak Sekolah

3. Terlalu Sering Minum Kopi


BERKENALAN dengan DASH, diet fleksibel untuk mencegah hipertensi.-Kristina Paukshtite-Pexels-pexels

Kopi mengandung antioksidan yang dianggap sebagai bahan antiinflamasi yang baik untuk tubuh. Meskipun begitu, jangan terlalu banyak minum kopi saat menjalani diet DASH. Apalagi kopi yang ditambahi gula dan karamel. Orang dengan darah tinggi, jika meminum kopi lebih dari dua gelas per hari, justru memiliki risiko terkena serangan jantung dua kali lebih besar.

BACA JUGA: 6 Manfaat Diet Mediterania Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Diabetes Sampai Alzheimer

4. Tidak Mengubah Pola Hidup

Selain diet, hal terpenting yang dapat dilakukan untuk menjaga kestabilan tekanan darah adalah pola hidup. Melakukan diet DASH tanpa mengubah pola hidup menjadi lebih sehat adalah hal yang tidak tepat.

Perubahan pola hidup yang sehat dapat dilakukan dengan berolahraga. Joging, bersepeda, atau treadmill setengah jam sehari saja sudah cukup daripada tidak sama sekali. Diet DASH yang dibarengi oleh olahraga adalah kombinasi super untuk membuat sirkulasi darah lebih lancar.

Siap mencoba diet DASH dan mengubah pola hidup? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: insider