Jangan Sampai Siswa Kekurangan Vitamin “A” Alias Ayah, SDIT Al Uswah Surabaya Gelar Parenting Ayah

Jangan Sampai Siswa Kekurangan Vitamin “A” Alias Ayah, SDIT Al Uswah Surabaya Gelar Parenting Ayah

Parenting Ayah yang digelar SDIT Al Uswah Surabaya bertema "My Father My Hero" - Ayah Hebat Generasi Hebat. -Awenda-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Betapa pentingnya sosok ayah terkait pengasuhan di dalam keluarga. Untuk menguatkan peran tersebut, SDIT Al Uswah Surabaya menggelar kegiatan parenting spesial. Kali ini khusus untuk ayah. Digelar pada Sabtu, 9 September 2023, pukul 08.00 WIB.

Bertema “My Father is My Hero” Ayah Hebat Generasi Hebat, acara yang diadakan sekolah beralamat di Jalan Kejawan Gebang 6 Surabaya itu pada dasarnya karena mengingat parenting memang tidak hanya dilakukan para ibu. Tapi para ayah juga harus peduli dengan pengasuhan anak.

BACA JUGA: Anak Mulai Masuk Fase Remaja, Apa Saja Langkah Parenting Yang Harus Dilakukan?  
Antusiasme dari para ayah pada acara itu ternyata sangat besar. Terlihat ada sekitar 250 ayah para siswa yang datang memenuhi Gedung Balai Bahasa Jawa Timur, di Jalan Gebang Putih 10 Surabaya, untuk menyimak. Sementara ada 250 peserta lain mengikutinya melalui live streaming Instagram.
Para ayah, wali murid siswa SDIT Al Uswah, yang menyimak pemaparan materi narasumber. -Awenda -

Hadir Ustaz Suhadi Fadjaray. Seorang motivator sekaligus konsultan pendidikan yang menjadi pemateri pada kegiatan itu. Ia menjelaskan bahwa parenting ayah menjadi syarat penting sebagai bekal seorang ayah untuk memimpin istri dan buah hatinya.

Ditegaskannya, kerusakan pada karakter anak umumnya memiliki kecendungan penyebab awalnya adalah dari ayah. Maka di situlah bagaimana peran seorang ayah dipertanyakan.

“Para ayah harus bisa menjadi teladan karena kalau ayah tidak bisa menjadi tauladan maka anak akan tumbuh dengan sikap-sikap yang tidak diharapkan. Kehebatan seorang ayah juga tidak diukur bagaimana di luar rumah saja tetapi justru di dalam rumah,” jelas Suhadi.

"Ibu memang mengandung 9 bulan dalam perutnya tapi ayah akan mengandung seumur hidup di dunia bahkan di akhirat. Bahkan ayahlah yang akan dimintai pertanggungjawaban nanti di akhirat,” lanjutnya.

Materi yang disampaikan Ustaz Suhadi itu bersumber langsung dari kitab suci Alquran. Dikemas dengan metode presentasi dan story telling sehingga mudah dipahami oleh audien.

Di penghujung acara, sebagai apresiasi, sekolah yang berdiri sejak 2002 itu memberikan reward beberapa ayah yang datang awal, aktif bertanya, dan ayah dengan Instastory menarik. 
Guru SDIT Al Uswah foto bersama usai pelaksanaan acara. -Awenda-

Menurut ketua pelaksana acara Ayah Belajar Parenting, Muhammad Yassir, SDIT Al Uswah memang rutin melakukan kegiatan parenting untuk para wali murid. Diadakan pada setiap semester sebanyak dua kali. Biasanya dominan dihadiri oleh para ibu dibandingkan ayah.

Maka menyadari hal tersebut, pihaknya tidak tinggal diam. Sekolah ingin pengasuhan itu tidak hanya dilakukan oleh ibu.

"Karena kami tidak ingin setiap keluarga itu kekurangan vitamin A alias vitamin ayah. Jika hal tersebut terjadi maka pembentukan karakter pada anak itu susah. Kebetulan sekolah kami mengedepankan sekolah karakter sehingga ayah harus ikut serta menjadi pembentuknya,” ucapnya. (Awenda Trisna D)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: