HYBE Remehkan Kekuatan Penjualan V BTS, 500 Ribu Fans Tidak Kebagian Album Layover

HYBE Remehkan Kekuatan Penjualan V BTS, 500 Ribu Fans Tidak Kebagian Album Layover

HYBE remehkan kekuatan penjualan V BTS, 500 ribu fans tidak kebagian album Layover.-Bighit Music-WeVerse BTS

HARIAN DISWAY – V BTS berhasil memecahakan rekor penjualan tertinggi di Hanteo lewat album solo perdananya, Layover. Album itu dirilis pada Jumat, 8 September 2023 lalu.

Dalam 24 jam, Layover sudah terjual sebanyak 1,67 juta kopi. Tepatnya 1.672.138 kopi. Mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Suga BTS lewat album D-Day, yang terjual 1,04 juta pada hari pertama rilis.

Namun, angka itu dianggap tidak merefleksikan semangat ARMY—sebutan fans BTS—dalam menyerbu album Layover. Ada sekitar 500 ribu penjualan yang tidak tercatat.

BACA JUGA: Sempat Insecure, V BTS Ungkap Alasan Kenapa Baru Merilis Rilis Layover: Banyak Pertimbangannya

Dan konyolnya, ini terjadi karena HYBE—perusahaan rekaman yang menaungi BTS—kehabisan stok album Layover.


HYBE remehkan kekuatan penjualan V BTS, 500 ribu fans tidak kebagian album Layover.-Bighit Music-WeVerse BTS

Hal itu sudah dicurigai ARMY sejak Jumat malam. Saat itu, Hanteo menyatakan bahwa Layover sudah terjual sebanyak 2,2 juta kopi pada tujuh jam setelah dirilis. Namun, esok harinya, ketika data resmi keluar, angkanya tinggal 1,67.

’’Terdapat kesalahan dalam data yang diungkap sebelumnya. Kami kelebihan menghitung,’’ begitu pernyataan Hanteo di media sosialnya. ’’Meski begitu, Layover masih mencatat rekor penjualan hari pertama tertinggi dalam sejarah Hanteo,’’ lanjut pernyataan itu.

BACA JUGA: Langsung Ngegas! Slow Dancing Milik V BTS Puncaki Chart iTunes di 75 Negara, Layover Pecahkan Rekor Penjualan

Setelah unggahan Hanteo itu, para fans yang gagal mendapatkan Layover mulai mengungkapkan kekecewaan. Termasuk salah satu fans club V terbesar di dunia, China Baidu VBar. Mereka mengaku sudah memesan lebih dari 800 ribu album. Tapi tidak diproses.

’’Soal angka penjualan yang ditunjukkan Hanteo ini, kami tidak percaya. Kami sudah melakukan pemesanan 815.515 kopi pada pukul 19.00 waktu Korea,’’ tulis perwakilan VBar di X (dulu Twitter).


HYBE remehkan kekuatan penjualan V BTS, 500 ribu fans tidak kebagian album Layover.-Bighit Music-WeVerse BTS

’’Namun supplier kami tidak bisa menerima pesanan itu karena jumlahnya terlalu besar. Sedangkan persediannya terbatas. Kami terpaksa mengurangi jumlah pesanan,’’ lanjut perwakilan itu.

BACA JUGA: Dirilis Hari Ini, V BTS Tunjukkan Sisi Lain Dirinya dalam MV Slow Dancing

Hanteo tidak dapat mencatat penjualan album sampai vendor mengirimkan album kepada pembeli. Sehingga, ada sekitar 500 ribu pemesanan album Layover yang tidak tercatat. Pesanan dari fans Tiongkok baru bisa nongol pada akumulasi hasil penjualan sepekan pertama. Yaitu Jumat depan.
Hal itu tentunya membuat ARMY murka pada HYBE. Mereka menyalahkan perusahaan induk Bighit Entertainment itu, karena tidak mengantisipasi pemesanan yang membeludak. Bahkan, fans menganggap HYBE tidak menyadari kekuatan V untuk menjual album.

Lucunya lagi, album milik para member BTS selalu mencatatkan penjualan melebihi 1 juta kopi pada hari pertama. Sungguh disayangkan kalau mereka tidak menyediakan stok yang cukup buat album solo perdana V tersebut.

BACA JUGA: Lirik dan Terjemahan Indonesia Slow Dancing, Lagu Terbaru V BTS yang Romantis tapi Sedih

’’Jadi, keributan ini pada dasarnya disebabkan oleh HYBE yang enggak punya cukup stok? Dan sekarang kita harus menunggu pekan depan untuk mendapatkan angka penjualan yang riil?’’ ketus seorang fans di Twitter.


HYBE remehkan kekuatan penjualan V BTS, 500 ribu fans tidak kebagian album Layover.-Bighit Music-WeVerse BTS

’’HYBE bisa menjual 3 juta album sehari. Tapi mereka tidak punya cukup stok buat album Taehyung (nama asli V, Red)? Sampai VBar harus mengurangi pemesanan sebanyak 800 ribu kopi lebih? Duh, bikin ketawa aja,’’ fans lain bersungut-sungut.

’’Melihat tingginya angka preorder, harusnya HYBE bisa memperkirakan jumlah penjualan hari pertama dan menyediakan stok yang cukup. Gara-gara ketidakprofesionalan mereka, angka penjualan hari pertama Taehyung jadi terimbas. HYBE sangat enggak kompeten!’’ ARMY lain tak dapat menahan emosi.  

BACA JUGA: Yes, Akhirnya Single V BTS Love Me Again Debut di Billboard Hot 100, Ikuti Sukses Christmas Tree!

Kelangkaan album Layover tidak hanya terjadi di Korea dan Tiongkok. Fans di AS dan Inggris kabarnya juga belum mendapatkan konfirmasi pemesanan. Meskipun sudah ikut preorder sejak beberapa pekan lalu.

Lagi-lagi, HYBE lah yang harus disalahkan akan masalah tersebut.

Bagaimana dengan kalian? Apakah album Layover kalian sudah tiba? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagi sumber