Sempat Insecure, V BTS Ungkap Alasan Kenapa Baru Merilis Rilis Layover: Banyak Pertimbangannya

Sempat Insecure, V BTS Ungkap Alasan Kenapa Baru Merilis Rilis Layover: Banyak Pertimbangannya

SEMPAT insecure, V BTS ungkap alasan kenapa baru rilis Layover pada 8 September 2023.-Bighit Music-WeVerse BTS

HARIAN DISWAY – Pada Jumat, 8 September 2023, V BTS resmi mencatat debut sebagai solois. Ia merilis album solo perdana, yakni Layover, beserta title track yang berjudul Slow Dancing.

Layover berisi enam lagu. Selain Slow Dancing, ada Love Me Again dan Rainy Days yang sudah dirilis duluan. Lalu ada Blue, For Us, dan Slow Dancing versi piano. Slow Dancing sendiri merupakan lagu soul bergaya 70-an dengan nuansa romantis.

Dalam wawancara dengan majalah Rolling Stone, V BTS menjelaskan proses awal mula kelahiran album Layover. Dari mulai judul album hingga apa yang memotivasinya.

BACA JUGA: Langsung Ngegas! Slow Dancing Milik V BTS Puncaki Chart iTunes di 75 Negara, Layover Pecahkan Rekor Penjualan


LANGSUNG ngegas! Slow Dancing milik V BTS puncaki chart iTunes di 75 negara, Layover pecahkan rekor penjualan.-Bighit Music-

Judul Layover muncul di benak V ketika ia sedang merenung memikirkan tujuan hidup dan kariernya sebagai idol. Saat itu, ia tersadar bahwa perjalanannya menuju target yang ingin dicapai masih sangatlah panjang. Dan ada banyak cara untuk mencapai hal itu.

Layover menjadi semacam tempat rehat bagi V. Di mana ia bisa beristirahat di sela-sela perjalanannya sebagai idol dengan nama panggung V BTS.

Layover sudah seperti titik mula. Ini seperti… Aku baru melukis gambaran dari seorang Kim Taehyung,’’ tutur pemuda 27 tahun tersebut.

BACA JUGA: Dirilis Hari Ini, V BTS Tunjukkan Sisi Lain Dirinya dalam MV Slow Dancing

Proses 4 Tahun

Taehyung sendiri telah membuat heboh ARMY dengan rumor debut solonya sejak empat tahun lalu. Tepatnya 2019. Ia mengunggah beberapa foto dirinya sedang menulis lagu di akun X resmi BTS. Namun, setiap kali ada isu ia mau merilis album, yang keluar adalah single solo. Baik Winter Bear, Scenery, maupun Christmas Tree.


SEMPAT insecure, V BTS ungkap alasan kenapa baru rilis Layover pada 8 September 2023.-Bighit Music-WeVerse BTS

V mengaku, selama empat tahun terakhir, ia secara konstan menulis dan membuat musik. Namun, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan sebelum memproduksinya jadi karya utuh. Itulah yang membuat V bekerja lebih keras ketika membuat album solonya.

’’Selama itu, hal yang paling membuatku kepikiran adalah preferensi musikku. Lagu seperti apa yang aku ingin buat selalu berubah setiap tahun. Bahkan setiap bulan,’’ curhat V BTS.

BACA JUGA: Lirik dan Terjemahan Indonesia Slow Dancing, Lagu Terbaru V BTS yang Romantis tapi Sedih

Banyaknya pertimbangan V benar-benar membuahkan hasil. Meskipun album solonya butuh waktu pembuatan yang sangat panjang, variasi musik dalam Layover benar-benar menunjukkan siapa sebenarnya V BTS.

Lagu-lagu di Layover kebanyakan memiliki genre yang sama selera musik cowok kelahiran Daegu itu. Yakni jazz, soul, dan ada sedikit sentuhan R&B.

Cowok yang pernah membintangi drama Hwarang: The Poet Warrior Youth itu bercerita bahwa ia ingin sekali membuat musik bernuansa jazz. Menurutnya, jazz adalah musik yang menenangkan.


LANGSUNG ngegas! Slow Dancing milik V BTS puncaki chart iTunes di 75 negara, Layover pecahkan rekor penjualan.-Bighit Music-WeVerse BTS

BACA JUGA: Manis Banget! Ini Reaksi V BTS Setelah Mendengar Cover Rainy Days dari Danielle NewJeans

Maka, saat menyusun album solo perdana, ia memantapkan diri untuk berkutat pada aliran musik itu. Ia beranggapan, ARMY merasa tenang dengan lagu-lagu bernuansa jazz yang dibuatnya.

V sendiri mulai mendengarkan musik jazz saat berusia 14 tahun. Ketika ia mengerjakan tugas dari guru SMP-nya. Namun, ia baru benar-benar tertarik saat ia sudah memasuki umur 20-an.

Album Layover juga menunjukkan bagaimana cara pandang V BTS tentang kata ’’romantis”. Ia mengaku bahwa dirinya adalah tipe orang yang senang memaknai segala hal. Ya, itulah pandangan V tentang romantis.

BACA JUGA: Yes, Akhirnya Single V BTS Love Me Again Debut di Billboard Hot 100, Ikuti Sukses Christmas Tree!

Terkadang V kepikiran tentang album solonya, ketika ia melihat member lain mulai debut solo. Tahun lalu, RM dan J-Hope sudah merilis album. Tahun ini Suga dan Jimin menyusul.


LANGSUNG ngegas! Slow Dancing milik V BTS puncaki chart iTunes di 75 negara, Layover pecahkan rekor penjualan.-Bighit Music-WeVerse BTS

Kekhawatiran yang ia rasakan membuatnya beberapa kali mengubah lirik lagu di Layover. V sempat merasa insecure dengan album tersebut. Dalam salah satu episode BTS Bomb, V mengaku bahwa ia sering mutung. Karena merasa ide-idenya untuk album itu tidak cukup bagus.

Untung, ia punya kakak-kakak dan adik yang sangat perhatian di BTS.  

BACA JUGA: Super Keren! V BTS Jadi Solois Korea Pertama yang Dua Lagunya dari Album Layover Debut di Top 10 Billboard Global 200

Ya, beberapa member BTS membantu V dalam proses praproduksi Layover. J-Hope dan Jungkook sering berdisukusi dengan Taehyung. Mereka menjadi orang-orang pertama yang mendengarkan lagu buatan V.

Selain J-Hope dan Jungkook, V juga berdiskusi dengan Min Hee-jin. Dia adalah produser NewJeans yang juga memproduseri Layover.

Pelantun lagu Winter Bear itu menyebut bahwa diskusi-diskusi yang ia lalui selama menyusun Layover sangatlah menyenangkan. Ia bisa berbagi pemikiran dan saling memahami pemahaman masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rolling stone