Pembukaan PORPROV VIII Jatim 2023 di Jawa Timur: Obor Dinyalakan Kembang Api Ditembakkan

Pembukaan PORPROV VIII Jatim 2023 di Jawa Timur: Obor Dinyalakan Kembang Api Ditembakkan

Kembang api mewarnai langit stadion gelora Delta Sidoarjo, Sabtu, 10 September 2023.--Sahirol Layeli

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Sebelas ribu pengunjung memadati tribun Gelora Delta Sidoarjo. Sebanyak 38 kontingen menyemarakkan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) VIII Jawa Timur, Sabtu, 9 September 2023. Kegiatan dimulai dan ditutup dengan meriah.

Antusias pengunjung sangat baik. Mereka sudah memenuhi tribun sejak sebelum kegiatan dimulai.

Sebelas ribu pengunjung tersebut berasal dari berbagai daerah. Ada yang dari keluarga atlet, hingga muda mudi yang menghabiskan malam minggu. 

Penampilan pertama yang mencuri perhatian para pengunjung yakni drum band dari Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL). Kepiawaian mereka memainkan alat musik menjadi suguhan segar bagi penonton. 


Pertunjukan Drum Band dari Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) di pembukaan PORPROV VIII Jatim 2023, Sabtu, 9 September 2023.--Sahirol Layeli

Setelah itu yang tak kalah meriah dan menambah nuansa budaya, pembukaan PORPROV VIII JATIM menyajikan tarian kolosal. Pertunjukan yang dimainkan oleh 800 penari yang terdiri dari SMA dan SMK itu seperti menghipnotis para pengunjung. 

Tarian itu disajikan dengan komposisi tradisional dan modern. Salah satu yang mereka persembahkan yakni tarian Banjar Kemuning. Salah satu tarian asli Kabupaten Sidoarjo. 


Tari kolosal Banjar Kemuning dibawakan oleh 800 siswa SMA dan SMK di Jawa Timur, Sabtu, 9 September 2023.--Sahirol Layeli

Seperti yang diungkapkan Jessica Nadiah Salsabila. Salah satu anggota tarian kolosal. Ia mengungkapkan sangat senang diberi kesempatan memeriahkan acara tersebut. 

"Bangga sih, sebetulnya capek, tapi capeknya enggak sia-sia, bisa dilihat banyak penonton," kata Jessica yang bagian dari Sanggar Kreasi Dancer Sidoarjo itu. Ia mengatakan telah mempersiapkan pertunjukan tarian itu selama hampir satu bulan. 

BACA JUGA:Khofifah Ajak Masyarakat Jatim Ramaikan Porprov VIII Jatim, Ini Link Pendaftarannya

BACA JUGA:Besok Digelar, Api Porprov Sudah Tiba di Grahadi

Setelah itu acara berlanjut kepada sambutan para kontingen yang tersebar dari seluruh daerah dan kota di Jawa Timur. Sejumlah 13.004 atlet memadati rumput Gelora Delta. Kontingen dengan jumlah atlet terbanyak berasal dari Surabaya. 

Kegiatan dilanjutkan pada perkenalan maskot PORPROV VIII Jatim 2023. Ada empat maskot yang mewakili tuan rumah digelarnya agenda PORPROV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: