Kemenangan Timnas Indonesia U-23 Adalah Tanda Sejarah untuk Sepak Bola Indonesia

Kemenangan Timnas Indonesia U-23 Adalah Tanda Sejarah untuk Sepak Bola Indonesia

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke Piala Asia U-23 Qatar untuk pertama kalinya dalam sejarah dibawah kepemimpinan Shin Tae-Yong. --

HARIAN DISWAY - Kemenangan Timnas Indonesia U-23 semalam adalah tanda sejarah untuk sepakbola Indonesia di bawah kepelatihan Shin Tae-Yong. Untuk pertama kalinya Timnas U-23 lolos ke kancah kompetisi tertinggi di Asia.

Setelah mengalahkan Timnas Turkmenistan U-23 dengan skor akhir 2-0 pada Selasa, 12 September 2023 di Stadion Manahan. Skuad Shin Tae-Yong memastikan satu tempat di Piala Asia U-23 Qatar setelah berhasil menjuarai grup K.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut memang belum mampu mempersembahkan gelar untuk Indonesia, tapi lolosnya 3 level Timnas Indonesia ke Piala Asia mencatatkan rekor tersendiri.

BACA JUGA: Kualifikasi Piala Asia U-23: Ngamuk! Timnas Indonesia Cukur Gundul Taiwan dengan Skor 9-0

Sebelumnya Shin Tae-Yong berhasil membawa Timnas Senior dan Timnas U-20 lolos ke Piala Asia.

Sejak ditunjuknya dia sebagai nahkoda skuad garuda pada 28 Desember 2019 lalu memang progres permainan Timnas Indonesia terlihat sangat pesat.

Bahkan bisa dibilang skuad Shin Tae-Yong ini adalah skuad terbaik Timnas Indonesia sepanjang sejarah.Namun, kesuksesan itu tercapai menjelang kontraknya di Timnas Indonesia berakhir.

Kontrak selama empat tahun Shin Tae-Yong akan segera habis. Tapi belum ada kejelasan apakah akan diperpanjang atau tidak.

Fans Timnas berharap PSSI segera melakukan perpanjangan kontrak terhadap Shin Tae-Yong. Mengingat baru tahun depan kompetisi Piala Asia itu diselenggarakan.

Mereka tidak ingin kisah sedih itu terulang seperti pada kisah perpisahan Timnas Indonesia dengan Luis Milla.

Shin Tae-Yong disebut sudah sepakat untuk memperpanjang kontrak untuk bisa menangani timnas senior di Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di Qatar.

Tapi belum diketahui tentang peluang menangani Timnas U-23 di Piala Asia U-23 yang berlangsung pada April 2024.

Di bawah kepemimpinan juru taktik asal Korea Selatan itu Timnas Indonesia berhasil naik hingga 28 peringkat FIFA. Dari peringkat 175 dunia, Indonesia saat ini berhasil naik ke peringkat 146 dunia. (Rozak Alkha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: