Usai Laga Persebaya vs Arema FC, Green Force Kembali Jadi Tim Musafir Dampak Piala Dunia U-17

Usai Laga Persebaya vs Arema FC, Green Force Kembali Jadi Tim Musafir Dampak Piala Dunia U-17

Para pemain Persebaya berangkat menuju pertandingan kontra Madura United, Minggu 17 September 2023.--instagram @officialpersebaya

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pertandingan Persebaya vs Arema FC akan menjadi laga terakhir Bajol Ijo di atas rumput Gelora Bung Tomo Surabaya. Setelah itu, pasukan Josep Gombau kembali jadi tim musafir.

Klub kebanggan Kota Pahlawan kembali akan menjadi tim musafir saat markasnya menjadi salah satu dari venue yang disiapkan dalam gelaran Piala Dunia U17.

GBT sendiri akan digunakan untuk pertandingan babak penyisihan Grup A dan pertandingan 16 besar Piala Dunia U17.

Kepastian Persebaya tak bisa menggunakan Stadion GBT tertuang dalam Surat PT LIB dengan nomor 608/LIB-COR/IX/2023 yang telah ditandatangani oleh Ferry Paulus selaku Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru pada 18 September 2023.

BACA JUGA:Resmi! Laga Panas Persebaya vs Arema FC Tetap Berlangsung di Gelora Bung Tomo Surabaya

Dalam surat tersebut tertulis Persebaya tak bisa menggelar laga home di Stadion Gelora Bung Tomo hingga 2 Desember 2023 mendatang karena venue Piala Dunia U17 wajib steril sebelum digunakan.

Sehingga, operator liga meminta Persebaya agar menyiapkan opsi stadion lain untuk melaksanakan laga home dalam rentang waktu 24 September 2023 hingga 2 Desember 2023.

"Disepakati dalam diskusi tersebut (PT LIB dengan Kementerian PUPR) bahwa ini menjadi laga terakhir (Persebaya vs Arema FC) digunakan oleh klub PERSEBAYA Surabaya sebagai venue home di BRI Liga 1-2023/24 sebelum ditutup untuk persiapan Piala Dunia U17 2023 sampai dengan 2 Desember 2023 mendatang,” bunyi Surat Tindak Lanjut Permohonan Pemakaian Stadion GBT.

Dalam surat itu disebutkan PERSEBAYA diminta agar menentukan stadion alternatif laga kandang pada periode pertandingan 24 September - 2 Desember 2023.

BACA JUGA:Jelang Persebaya vs Arema: Josep Gombau Pernah Bertemu Singo Edan di AFC Cup

Persebaya bukan pertama kalinya merasakan menjadi tim musafir. Sebelumnya, klub berjuluk Green Force ini menjadi tim musafir saat Stadion Gelora Bung Tomo menjalani perbaikan guna menyongsong Piala Dunia U-20 lalu.

Sebelum akhirnya Piala Dunia U-20 batal digelar. 

Saat itu kurang lebih selama enam bulan Persebaya tak dapat merumput di markas mereka sendiri hingga Liga 1 2022/2023 selesai.

BACA JUGA:Ngeri! Aksi Bonek Protes Piala Dunia di Kampung-Kampung Surabaya seperti Perang 10 November

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: