Pertempuran Sengit Jualan Live di Tiktok dan Shopee? Mana Yang Lebih Unggul?

Pertempuran Sengit Jualan Live di Tiktok dan Shopee? Mana Yang Lebih Unggul?

Ilustrasi jualan online dengan live streaming-studioredcup/freepik-

HARIAN DISWAY - Tren berjualan di media sosial dengan live di media sosial semaki marak baru-baru ini. 

Ada dua platform yang populer digunakan oleh para pelaku usaha, yakni TikTok dan Shopee Live. Dari kedua metode ini, manakah yang lebih unggul? 

Jika ditelaah, dua platform jualan online ini berlomba menunjukkan kekuatannya masing-masing dalam mengubah konstelasi persaingan e-commerce di Indonesia. 

BACA JUGA:Aurel Hermansyah Bikin Gempar Streaming di Shopee Live! Sukses Jual 16 Ribu Produk di Puncak Kampanye Shopee 9.9

Apakah strategi Shopee yang telah lebih dulu merajai pangsa pasar e-commerce bisa mengalahkan sang pemain baru TikTok Live? Ataukah sang pemain baru TikTok Live yang berangkat dari platform social media bisa mengalahkan si raja e-commerce Shopee?

Riset Populix yang bertajuk “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” pada bulan Juni lalu, menunjukkan bahwa 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, jauh melampaui TikTok Live dengan prosentase 25 persen. 

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat dengan hasil 60 persen responden, sementara TikTok Live hanya mendapatkan 30 persen.

BACA JUGA:Perdana di Shopee Live! Sarwendah Bikin Flash Sale Mobil 9RB Jadi Heboh karena Diikuti 180 Ribu Orang Bersamaan di Waktu yang Sama!

Selaras dengan data penggunaan live streaming platform, Shopee menunjukan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi. 

Dimana pada indikator jumlah transaksi (share of order) Shopee berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi, yakni 56 persen dalam 6 bulan terakhir, jauh melampaui TikTok Live dengan persentase 30 persen. 

Sedangkan jika dilihat dari nilai transaksi (share of revenue), Shopee menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan nilai transaksi terbesar, yaitu 54 persen. Angka ini jauh di atas TikTok Live yang hanya sebesar 31 persen.

 

Menawarkan produk dengan harga paling murah

Menawarkan paling banyak promosi

Menawarkan diskon paling besar

Menawarkan nominal cashback paling besar

Menawarkan paling banyak gratis ongkir

Shopee Live

63%

62%

63%

69%

68%

TikTok Live

32%

31%

31%

22%

28%

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: