Dikunjungi Ganjar Pranowo, Ini Profil Ponpes Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin Surabaya

Dikunjungi Ganjar Pranowo, Ini Profil Ponpes Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin Surabaya

Ganjar dan istrinya, Siti Atikoh Supriyanti, melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren yang dikenal oleh masyarakat Jawa Timur sebagai Pondok Pesantren KH. Ustman Surabaya. Pesantren ini terletak di Kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur.-IST-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pondok Pesantren Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin, yang terletak di perkampungan padat penduduk di Jalan Jatipurwo, Kelurahan Ujung, Surabaya, dibanjiri lautan manusia. Ponpes itu didatangi Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI Ganjar Pranowo dan sang istri.

Ganjar Pranowo, dalam keterangannya, menekankan betapa besar penghormatan dan keteladanan yang dimiliki oleh pendiri Ponpes Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin Surabaya, Syekh KH. Muhammad Utsman Al Ishaqy.

"Keluarga besarnya menceritakan peran beliau yang ada di sini kemasyarakatan sehingga sampai-sampai santrinya tidak hanya dari wilayah ini saja, bahkan luar negeri, Malaysia, Singapura, pasti ketika ada ulama yang sangat berpengaruh, dihormati, alim, ilmunya kemudian diikuti oleh banyak sekali santri," ujar Ganjar dalam keterangan tertulisnya.

Ponpes Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin Surabaya adalah salah satu pesantren yang tetap mempertahankan tradisi pesantren salafiyah.

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Sowan ke Pesantren Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin Surabaya

BACA JUGA:Komentar Ganjar Pranowo Soal Tayangan Azan di MNC

Para santri di sana menjalani pendidikan agama yang intensif, mempelajari ilmu-ilmu agama seperti fikih, hadits, tafsir Al Quran, aqidah, dan tauhid.

Dibangun pada tahun 1957 oleh KH Muhammad Usman Al-Ishaqi, pesantren ini awalnya hanya memiliki 15 santri, kebanyakan berasal dari kampung sekitar.

Meski dengan fasilitas yang terbatas, jumlah santri berkembang pesat menjadi 70 orang pada tahun 1963.


Ganjar Pranowo Sowan ke Pesantren Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin Surabaya, Jumat, 22 September 2023.-IST-

Kiai Usman dikenal sebagai sosok yang ramah dan santun terhadap semua lapisan masyarakat, termasuk yang memiliki keyakinan berbeda.

Menurut Kiai Minnanurrohman, salah satu tokoh masyarakat setempat, Kiai Usman adalah contoh nyata nilai-nilai Islam yang damai dan kesuksesan Islam di Indonesia yang didasarkan pada keluwesan yang ditunjukkan oleh para Wali Songo, seperti Sunan Ampel.

BACA JUGA:Usai Bawaslu Nyatakan Video Ajakan Memilih Ganjar Pranowo Melanggar Aturan, Begini Respons Gibran Rakabuming Raka

BACA JUGA:Profil Ganjar Pranowo: Pendidikan hingga Karier Politik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: