Jadi Penyebab Michael Gambon Meninggal, Ketahui Serba-serbi Penyakit Pneumonia yang Bisa Sebabkan Kematian

Jadi Penyebab Michael Gambon Meninggal, Ketahui Serba-serbi Penyakit Pneumonia yang Bisa Sebabkan Kematian

RIP Dumbledore! Bintang Harry Potter Michael Gambon meninggal di usia 82 tahun.-AFP-

HARIAN DISWAY - Penggemar film Harry Potter sedang berkabung pasca meninggalnya aktor papan atas asal Irlandia, Michael Gambon.

Gambon merupakan pemeran tokoh Albus Dumbledore dalam seri film Harry Potter. Gombau didiagnosa mengidap penyakit pneumonia.

Pneumonia atau yang dikenal sebagai paru-paru basah menyebabkan peradangan akut terhadap organ paru-paru. Tepatnya di bagian kantong-kantong udara (alveoli) di salah satu atau kedua paru. 

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, bahwa pneumonia umumnya disebabkan oleh bakteri, jamur, dan virus. Pneumonia terjadi saat cairan atau nanah memenuhi alveoli yang berakibat penderitanya kesulitan bernapas.

"Penyakit ini kerap menyerang kelompok yang mendapat status rentan. Seperti bayi, anak usia dibawah 2 tahun, lansia di atas 65 tahun, perokok aktif, punya riwayat penyakit HIV, dan sedang mengidap penyakit kronik," kata keterangan yang disusun oleh tim dari RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, Jawa Tengah tersebut. 

BACA JUGA: Ingat, Konsumsi Sayuran Kaya Vitamin K Bisa Optimalkan Kesehatan Paru-Paru

Beberapa gejala seseorang yang bisa dikategorikan sebagai gejala pneumonia. Mulai dari muncul batuk kering, demam, berkeringat, sesak napas, nyeri pada dada, muntah, sakit kepala, peningkatan detak jantung, bahkan nyeri otot dan sendi.

Bahkan pneumonia bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. Seperti yang menimpa Michael Gambon.

Dengan mengetahui seberapa berbahayanya, masyarakat bisa mengaplikasikan sejumlah kiat agar terhindar dari risiko terkena pneumonia.

Mulai dari menghilangkan kebiasaan merokok, rutin mengonsumsi makanan bergizi dan sehat, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Yang terpenting, melakukan vaksinasi PCV (Pneumococcus Conjugated Vaccine) untuk mencegah infeksi bakteri pneumokokus penyebab pneumonia. (Wehernius Irfon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: