Presiden Joko Widodo Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Presiden Joko Widodo Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, didampingi Kapolri dan Panglima TNI melakukan doa bersama di depan monumen Lubang Buaya, Jakarta Timur-Setpres-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila digelar  di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, pada Minggu, 1 Oktober 2023.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Presiden kemudian menerima laporan dari perwira upacara yaitu Brigjen TNI Arkamelvi Karmani yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Rangkaian upacara dimulai dengan salam kebangsaan, penghormatan kebesaran, yang diikuti oleh laporan komandan upacara kepada Presiden Joko Widodo. 

BACA JUGA:Surabaya Bersiap Sambut Peringatan Hari Santri Tanggal 22 Oktober 2023

Upacara dipimpin oleh komandan upacara yaitu Kombes Pol. Andri Ananta Yudhistira yang saat ini menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jambi.

Setelah itu, upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Presiden inspektur upacara. 

Sejulah pejabat tinggi negara yang hadir mendapatkan peran membacakan teks pancasila, UUD Republik Indonesia tahun 1945 dan naskah ikrar. 

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), La Nyalla Matalitti, membacakan naskah Pancasila. 

BACA JUGA:Pimpin Doa Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Menag Sebut Pancasila Diilhamkan Tuhan Pada Para Pendiri Bangsa

Setelah itu, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Bambang Soesatyo, membacakan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Selanjutnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Puan Maharani, membacakan sekaligus menandatangani naskah ikrar. 

Setelahnya, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, membacakan doa yang sekaligus menjadi penutup rangkaian upacara yang berlangsung penuh kekhidmatan tersebut.

Selepas upacara, Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin melakukan doa bersama di dekat sumur Lubang Buaya tempat gugurnya 7 perwira TNI pahlawan revolusi.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: