Irjen Pol Muhammad Iqbal: Jabatan Kapolda Kali Ketiga?

Irjen Pol Muhammad Iqbal: Jabatan Kapolda Kali Ketiga?

Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal. -Instagram/moh.iqbal.91-

HARIAN DISWAY- Sosoknya memang dikenal akrab dan humanis dengan banyak kalangan. Di Surabaya dan Jawa Timur, nama ini sudah sangat dikenal masyarakat. Termasuk tokoh ulama dan tokoh masyarakat.

Perwira tinggi (pati) kelahiran 4 Juli 1970 di Palembang, Sumatera Selatan ini masuk Jawa Timur pada 2005. Berpindah dari Koorspri Kapolda Riau menjadi Koorspri Kapolda Jatim.

Sejak itu, beberapa posisi diisi putra pasangan H. Mohammad Abduh  dan Muslaini ini. 2007, Iqbal menjabat sebagai Kasat Lantas Polwiltabes Surabaya dan dilanjutkan menjadi Kapolres Gresik setahun kemudian.

Setahun kemudian, bergeser menjadi Kapolres Gresik. Tahun 2010, Iqbal kembali ke Polwiltabes dan menjabat sebagai Wakapolwiltabes. Setelah itu, Iqbal bergeser ke Polda Metro Jaya mulai dari Kepala SPN Lido Polda Metro Jaya, Kapolres Metro Jakarta Utara Polda Metro Jaya, hingga Kabid Humas Polda Metro Jaya.

BACA JUGA:Muncul Nama Baru Calon Kapolda Jatim: Persaingan Akpol 90 dan 91 

BACA JUGA:Kapolda Jatim Toni Harmanto Sudah Pensiun di Wikipedia

BACA JUGA:Irjen Pol Syahar Diantono: Gantikan Ferdi Sambo dan Amankan Teddy Minahasa

Setelah menempuh pendidikan di Lemhanas, Iqbal kembali ke Jatim dan menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya. Polrestabes adalah perubahan dari Polwiltabes setelah terjadi restrukturisasi organisasi kepolisian dengan pemekaran sejumlah wilayah dan peleburan tiga polres di Surabaya.

Dari Kapolrestabes dengan pangkal tiga melati, Iqbal bergeser menjadi Karopenmas Divhumas Polri dengan pangkat brigjen. Dengan pangkat yang sama, Iqbal kembali masuk Jawa Timur dan menjabat sebagai Wakapolda. Surat mutasi Iqbal sebagai wakapolda berbarengan dengan mutasi Irjen Pol Luki sebagai kapolda dan menjelang tahun politik, 2019.

Tapi Iqbal tidak lama di Semeru 2 (sebutan untuk Wakapolda Jatim) dan menjabat sebagai Kadiv Humas Polri. Setelah pemilu, Iqbal menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Di masa pandemic, Iqbal meluncurkan program Nurut Tatanan Baru agar masyarakat menerapkan protocol kesehatan secara ketat.

Saat penggunaan Sirkuit Mandalika kali pertama untuk event internasional, Iqbal juga masih menjabat di sana. Kini sejak 2021 lalu, Iqbal menjabat sebagai Kapolda Riau.

BACA JUGA:Kapolda Jatim Ground Breaking Kantor Polri di Kawasan Industri dan Pelabuhan JIIPE

BACA JUGA:Anaknya Bunuh Kekasih, Jabatan Edward Tannur Di-nonaktif-kan

Dari laman Wikipedia, diketahui, saat Iqbal menjabat Divisi Humas Polri (9 November 2018 - 1 Mei 2020), ia turut mendukung langkah Luki Hermawan (Kapolda Jawa Timur waktu itu) beserta tim Polda Jawa Timur saat merilis dan memperkarakan usaha/bisnis slot iklan online 'MeMiles' sebagai investasi bodong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: