Irjen Pol Syahar Diantono: Gantikan Ferdi Sambo dan Amankan Teddy Minahasa

Irjen Pol Syahar Diantono: Gantikan Ferdi Sambo dan Amankan Teddy Minahasa

Irjen Pol Syahar Diantono.-Istimewa-

HARIAN DISWAY- Posisi Kapolda Jatim masih belum diisi pejabat baru. Hingga kemarin, tongkat komando dengan 2 bintang di Polda Jatim masih dipegang olehh Irjen Pol Toni Harmanto. Padahal perwira tinggi (pati) ini sudah memasuki masa pensiun sejak Kamis, 5 Oktober 2023 lalu.

Beredar empat nama pati yang disebut-sebut kuat menjadi pengganti Toni, pria kelahiran 5 Oktober 1965 ini. Mereka adalah Irjen Pol Imam Sugianto, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Irjen Pol Muhammad Iqbal, dan Irjen Pol Syahar Diantono. Keempatnya memang pernah bertugas cukup lama di Surabaya dan Jawa Timur.

Lalu siapakah Syahar Diantono ini? Sosoknya mencuat dalam pemberitaan terkait dengan ulah oknum polisi yang melanggar hukum. Ferdi Sambo dan Teddy Minahasa. Dua oknum pati polri ini berkaitan erat dengan tugas dan jabatan Syahar.

Posisi Ferdi digantikan Syahar setelah Ferdi dinyatakan terlibat dalam pembunuhan ajudannya, Brigadir Jhosua. Posisi Ferdi digantikan Syahar saat perwira kelahiran Blora, Jawa Tengah pada 2 Februari 1970 itu menjabat sebagai Wakabareskrim Mabes Polri. Syahar adalah orang tua di dunia reserse di Polri.

BACA JUGA:Muncul Nama Baru Calon Kapolda Jatim: Persaingan Akpol 90 dan 91

BACA JUGA:Kapolda Jatim Toni Harmanto Sudah Pensiun di Wikipedia

Senin, 8 Agustus 2022, Syahar resmi menggantikan Ferdi Sambo yang harus mendekam di penjara untuk dugaan tindak pidana yang dilakukannya. Dua bulan menjabat sebagai polisinya polisi, Syahar mengungkap kasus besar. Penjualan narkoba barang bukti yang dilakukan oknum polisi.

Tidak tanggung-tanggung pangkat oknum itu. Dia adalah Irjen Pol Teddy Minahasa, yang saat itu tinggal menunggu pelantikannya sebagai Kapolda Jatim. Gagalnya Teddy menjabat sebagai Semeru 1 ini membuat Mabes menugaskan Toni Harmanto sebagai kapolda Jatim.

Dari Wikipedia diketahui, Syahar adalah lulusan Akademi Polisi tahun 1991. Beberapa jabatan yang pernah diduduki di Jawa Timur adalah Kasat II DIR Reskrim Polda Jatim, Kasat Reskrim Polwiltabes Surabaya, Kapolres Kota Pasuruan, Kapolres Kabupaten Pasuruan, Wadirreskrimsus Polda Jatim. 

Dengan pangkap Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), Syahar berpindah tugas di Mabes Polri sebagai asubdit VI Dittipideksus Bareskrim Polri. Tour Of Duty Syahar pun berlanjut menjabat Dirreskrimsus Polda KepriWidyaiswara Muda Sespimmen Sespim Lemdikpol Polri, Kabagpenum Divhumas Polri, Karo PID Divhumas Polri.

BACA JUGA:Jumat Curhat, Kapolda Jatim Sambangi Aspol Ketintang Surabaya

BACA JUGA:Kapolda Jatim Tanam Pohon Pulai

Syahar yang memang berbasis reserse ini kembali masuk bareksrim dan menjabat sebagai Dirtipidter Bareskrim Polri lalu naik menjadi Wakabareskrim Polri. Sekarang, Syahar menjabat sebagai Kadiv Propam Polri sejak kasus Sambo mencuat.

Dari empat pati polri yang disebut-sebut sebagai calon kuat pengganti Toni Harmanto, hanya Syahar yang belum pernah menjabat sebagai kapolda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: