Cemas Kondisi Keamanan di Israel, Negara-Negara Mulai Evakuasi Warganya, Berikut Daftar Negara-Negara Tersebut

Cemas Kondisi Keamanan di Israel, Negara-Negara Mulai Evakuasi Warganya, Berikut Daftar Negara-Negara Tersebut

Para pengungsi warga negara asing memenuhi bandara untuk dievakuasi di tengah sengitnya konflik Israel-Hamas.--

HARIAN DISWAY - Buntut dari pertempuran antara Hamas dan Israel Defense Forces (IDF) menyebabkan negara-negara mulai mengevakuasi warga negaranya melalui penerbangan repatriasi dari Tel Aviv. 

Pertempuran pecah saat Hamas melancarkan serangan roket disusul serbuan darat dan laut pada operasi "Badai Al-Aqsha" Sabtu pagi, 7 Oktober lalu. Dibalas dengan serangan udara bertubi-tubi IDF dengan tajuk "Operasi Pedang Besi"

Anda sudah tahu: pertempuran antara kedua belah pihak selama seminggu berturut-turut telah menelan ribuan korban jiwa. Tidak hanya warga Israel dan Gaza, namun juga puluhan warga Asing. 

BACA JUGA:Daftar Warga Negara Asing yang Jadi Korban Perang Israel-Hamas

Negara-negara dunia pun was-was akan keselamatan warganya yang tinggal di Israel untuk berbagai kepentingan. Mereka mulai melakukan proses evakuasi untuk mengeluarkan warga negaranya dari wilayah Israel. Tak terkecuali Indonesia.

Berikut ini rangkuman daftar negara yang telah mengatur pemulangan warganya dari Israel di tengah konflik yang kian berkecamuk. 

Indenesia

Pemerintah Indonesia saat ini sedang mengupayakan evakuasi 143 WNI yang ‘terjebak’ di wilayah Palestina dan Israel. empat diantaranya berhasil dipulangkan kembali ke negara tetangga, Yordania. 

Menurut keterangan Kementerian Luar Negeri RI pada Jumat, 13 Oktober 2023, empat WNI yang dievakuasi dari Israel telah tiba di Yordania. 

"Melalui koordinasi intensif Kemlu RI dan KBRI Amman, empat WNI telah berhasil dievakuasi dari beberapa titik di Israel menuju Yordania,” ungkap Kemlu RI dalam keterangan tertulis. 

BACA JUGA:1 WNI Tewas Akibat Serangan Udara Israel, Menlu: Belum Memungkinkan untuk Proses Evakuasi

Korea Selatan

Dilansir dari AFP, pemerintah Korea Selatan telah memulangkan sebanyak 192 warganya dari Tel Aviv, Israel, pada Selasa, 10 Oktober 2023. 

Dilaporkan oleh Yonhap, pesawat Korea Air yang menampung evakuasi warga Negeri Ginseng tersebut telah mendarat dengan aman di Bandara Internasional Incheon pada Rabu, 11 Oktober 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: news agency