Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023, Ada Fashion Show Sarung Nusantara

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023, Ada Fashion Show Sarung Nusantara

Logo Hari Santri Nasional 2023. Puncak perayaan HSN di Surabaya akan didahului beberapa event, diantaranya parade Sarung Nusantara yang akan menampilkan koleksi sarung dari seluruh Nusantara-Harian Disway-

HARIAN DISWAY - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) akan dipusatkan di Tugu Pahlawan, Surabaya pada Minggu, 22 Oktober 2023 mendatang. 

Menjelang puncak peringatan tersebut, berbagai kegiatan digelar, diantaranya pembacaan 1 miliar Shalawat Nariyah, kirab perjuangan santri dari Banten sampai Surabaya, ijazah Kubro Pagar Nusa, serta bersih-bersih pantai.

Selain rangkaian acara tersebut, HSN 2023 akan disemarakkan oleh Peragaan Sarung Santri Nusantara. Acara ini akan mempersembahkan busana Sarung yang selama ini identik dengan busana santri dalam gaya yang berbeda. 

BACA JUGA:Puncak Hari Santri Dimulai dengan Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Pantai Romokalisari Surabaya

Plt Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Ghafur mengungkapkan, HSN adalah momen penting yang menyoroti peran santri dalam memelihara dan mewariskan nilai-nilai agama, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan. 

“Dengan semangat yang tulus, para santri dapat menjadi penjaga tradisi sekaligus pembangun Indonesia modern,” kata Ghafur di Surabaya, Jumat 20 Oktober 2023. 

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie mengungkapkan, Peragaan Sarung Santri Nusantara akan berlangsung di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. 

Acara berlangsung pada Sabtu, 21 Oktober 2023 dan dijadwalkan dimulai pada sekitar pukul 19.00 WIB. 

BACA JUGA:Kenang Perjuangan Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari, Kirab Santri dari Banten Sampai Surabaya, Berangkat Hari Ini

Pagelaran ini akan menjadi sorotan utama dengan penampilan Raka Raki dan Cak Ning, yang mengenakan corak dan model sarung beraneka ragam dari seluruh penjuru Indonesia di mana merupakan interpretasi modern dari pakaian tradisional.

Anna menyebut, Peragaan Sarung Santri Nusantara menjadi etalase keragaman bangsa yang dibalut dalam semangat persatuan dan kegembiraan. 

“Ini merupakan kegiatan yang dapat menyatukan orang dari berbagai latar belakang dalam perayaan warisan bersama,” sambutnya. 

BACA JUGA:Puncak Hari Santri Akan Diawali dengan 1 Miliar Sholawat Nariyah

Selain peragaan sarung santri, acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai penampilan budaya, termasuk peragaan seni dan musik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: