Kebakaran Rawa Kucing Meluas, Helikopter BNPB Mulai Proses Water Bombing

Kebakaran Rawa Kucing Meluas, Helikopter BNPB Mulai Proses Water Bombing

Pemandangan TPA Rawa Kucing yang tertutup asap tebal akibat kebakaran. BNPB mengerahkan helikopter water bombing untuk membantu pemadaman -BNPB-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Operasi Water Bombing untuk memadamkan TPA Rawa Kucing di Kota Tangerang dimulai pada Senin, 23 Oktober 2023. 

Operasi tersebut diluncurkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas permintaan BPBD Provinsi Banten.

TPA Rawa Kucing yang terletak di Kelurahan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari dilaporkan terbakar sejak Jumat, 20 Oktober 2023. Titik api dilaporkan muncul pada pukul 14.00 WIB. 

BACA JUGA:Kebakaran TPA Bertambah 2 Lokasi, TPA Tlekung Kota Batu dan Rawa Kucing Tangerang

Sejak Jumat, Sabtu, hingga Minggu tim gabungan dari BPBD Provinsi Banten, BPBD Kota Tangerang dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tangerang berjuang bahu membahu untuk memadamkan api. 


Helikopter BNPB PK-DBM disiagakan di bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten sebelum memulai operasi pemadaman udara pada TPA Rawa Kucing-BNPB-

Dilaporkan sebanyak 36 unit mobil pemadam kebakaran dan tangki air turut serta dalam proses pemadaman

Melihat skala dan kesulitan proses Pemadaman, Pusdalops BNPB berencana merelokasi helikopter water bombing yang sebelumnya disiagakan di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi

Namun, rencana berubah, Helikopter yang disiapkan adalah Eurocopter AS50 dengan nomor registrasi PK-DBM yang direlokasi dari Provinsi Bali. 

BACA JUGA:TPA Troketon Klaten Terbakar, Butuh Lima Jam Untuk Proses Pemadaman

Menindaklanjuti permintaan Provinsi Banten dalam rangka percepatan pengendalian kebakaran di TPA Rawa Kucing, kota Tangerang, BNPB telah mengirimkan 1 unit heli Water Bombing,” kata Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari Senin, 23 Oktober. 

Operasional water bombing dimulai pada Senin pagi dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. 

Dalam sehari, direncanakan ada 50 kali sortie (penerbangan) dengan masing-masing bisa menjatuhkan 800 liter air.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: