Kebakaran TPA Bertambah 2 Lokasi, TPA Tlekung Kota Batu dan Rawa Kucing Tangerang

Kebakaran TPA Bertambah 2 Lokasi, TPA Tlekung Kota Batu dan Rawa Kucing Tangerang

Petugas berusaha memadamkan api yang membakar TPA Tlekung, Kota Batu. Kondisi cuaca terik membuat sampah mudah terbakar-Pusdalops BNPB-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Cuaca panas belum berhenti memicu berbagai kebakaran Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA/TPST) di Jawa. 

Pada akhir pekan ini saja, Pusdalops BNPB mencatat kebakaran di 2 lokasi TPA yang berbeda. Pertama di TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang dan TPA Tlekung Kota Batu

Kebakaran di TPA Rawa Kucing yang terletak di Kelurahan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang Banten dilaporkan terjadi sejak Jumat, 20 Oktober 2023. 

Titik api dilaporkan muncul sejak pukul 14.00 WIB. Penyebab kebakaran masih ditelusuri. Namun diduga kuat pengaruh cuaca ekstrem dan panas yang terik membuat tumpukan plastik mudah terbakar. 

BACA JUGA:TPA Troketon Klaten Terbakar, Butuh Lima Jam Untuk Proses Pemadaman

Luas terbakar diperkirakan mencapai 10 hektar. Hingga Sabtu siang, Pusdalops BNPB melaporkan api masih belum bisa dipadamkan. 

Kondisi pemadaman yang cukup sulit membuat BNPB berencana mengirimkan satu unit helikopter water bombing yang akan direposisi dari helikopter yang sedang bertugas di Jambi. 


Api membakar bagian tengah TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang Banten-Pusdalops BNPB-

Tim Gabungan pemadaman terdiri dari BPBD Kota Tangerang dan Provinsi Banten dan Damkar Kota Tangerang melibatkan sebanyak 36 unit mobil pemadam kebakaran dan 450 orang personil. 

Sementara hingga Sabtu siang, Kebakaran di TPA Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu juga belum berhasil dipadamkan. 

BACA JUGA:Menteri LHK Turun Sendiri Investigasi Kebakaran Sejumlah TPA Beberapa Minggu Terakhir

BACA JUGA:TPA Putri Cempo Terus Berkobar, Pemprov Jateng Minta Bantuan Water Bombing

Api di TPA Tlekung dilaporkan oleh warga pada Jumat siang, 20 Oktober 2023 pukul 12.45 WIB. Lokasi titik api berada pada sebelah selatan TPA.

Proses pemadaman dilakukan oleh BPBD Kota Batu melibatkan 4 unit mobil pemadam dibantu oleh para relawan dan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: