Cireng Camilan Gurih Nan Praktis, Ini Resepnya yang Mudah Dibuat di Dapur Rumah

Cireng Camilan Gurih Nan Praktis, Ini Resepnya yang Mudah Dibuat di Dapur Rumah

Cireng jadi camilan favorit keluarga yang ternyata gampang sekali cara membuatnya lo. Simak tahap-tahapnya yang bisa dilakukan cukup di dapur rumah Anda. -iStock-

HARIAN DISWAY - Cireng atau yang biasa disebut dengan aci goreng merupakan camilan yang banyak disukai orang Indonesia. camilan ini memiliki cita rasa yang kenyal dan gurih.

Membuatnya menjadi pilihan favorit untuk dinikmati. Bahkan biasanya coffee shop ada juga lo menu cireng ini sebagai teman siapa saja saat mengerjakan tugas atau saat sedang bercengkerama.

Banyak yang menyukai cireng karena teksturnya yang renyah di luar tapi lembut dan kenyal di dalam. Saat menyantap, biasanya dipadukan dengan bumbu rujak atau sambal kecap sudah enak banget.

Bahan dasar utama cireng ini adalah tepung kanji atau tepung aci, yang memberikan tekstur kenyal pada cireng setelah digoreng. Proses pembuatannya pun sangat sederhana. Tapi hasilnya sangat memuaskan dan lezat.

Tak heran jika cireng telah menjadi bagian tak terpisahkan dari ragam kuliner Indonesia yang kaya akan variasi dan cita rasa. Nah, simak resep di bawah ini supaya Anda bisa memasak cireng sendiri cukup di dapur rumah saja, tanpa harus beli.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Tepung kanji/ tepung tapioka
  • 1 batang daun bawang 
  • 3 buah bawang putih
  • Penyedap, garam, dan merica/lada
  • Cabai rawit
  • Kecap manis
  • Terasi bakar
  • Gula merah
  • Air asam gula Jawa

Kalau bahannya sudah siap, langkah selanjutnya yaitu:

1. Iris daun bawang dan bawang putih: Potong daun bawang menjadi potongan kecil sesuai selera, untuk bawang putihnya potong juga lalu haluskan, agar nantinya ketika bawang putih tercampur dengan bahan lain bisa menyatu. 

BACA JUGA: 2 Ribu Sate Komoh Disiapkan Pemkot Pasuruan untuk Gaungkan Kuliner Khas Daerah

2. Siapkan teflon/wajan yang sudah berisi air: Persiapkan teflon atau wajan dan isi dengan air. Fungsinya adalah untuk campuran tepung nanti dengan air, itulah yang disebut dengan aci. 

3. Masukkan tepung kanji/tepung tapioka: Masukkan lima sendok makan tepung kanji atau tepung tapioka ke dalam air yang ada di teflon atau wajan. Pastikan untuk diaduk dengan rata.

Sambil diaduk masukkan juga irisan daun bawang dan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi serta 2 sendok teh penyedap, ½ sendok teh garam, dan juga ½ lada ataupun juga bisa pakai merica.

Ini menambah kelezatan rasa pada campuran adonan yang sedang dimasak.

4. Masak dengan api sedang hingga mengental: Panaskan campuran tepung dan air dengan api sedang sambil terus diaduk rata hingga teksturnya menjadi kental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: