Lika-Liku Pencalonan Prabowo-Gibran, Baru Bisa Daftar di Hari Terakhir, 25 Oktober 2023

Lika-Liku Pencalonan Prabowo-Gibran, Baru Bisa Daftar di Hari Terakhir, 25 Oktober 2023

Prabowo-Gibran resmi berpasangan di Pilpres 2024.-Gerindra-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo-Gibran akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu, 25 Oktober 2023. Langkah itu diambil setelah Prabowo Subianto mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presidennya 22 Oktober lalu.

Keputusan kontroversial Prabowo ini memicu reaksi keras dari masyarakat, terutama karena Gibran adalah anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang merupakan partai lawan Prabowo.

Banyak orang mengekspresikan kekecewaan atas dugaan praktik nepotisme dan pembentukan dinasti politik di Indonesia.

Tudingan itu ditujukan kepada Presiden Joko Widodo. Anak dan menantunya jadi kepala daerah. Dan kini Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ikut kontestasi Pilpres 2024.

Ada pula yang menganggap tudingan dinasti itu "lucu". Sebab di kubu lawan, Presiden Megawati merupakan anak dari Presiden Soekarno.

BACA JUGA:Gibran Cawapres Prabowo, PDIP tetap Optimis Jokowi Akan Menangkan Ganjar

BACA JUGA:Prabowo Merasa Aneh soal Gugatan Batas Usia Capres 70 Tahun

Sedangkan putri dari Megawati kini menjabat sebagai Ketua DPR RI. Contoh lainnya ada banyak di partai lain.

Di balik perdebatan soal dinasti itu, yang jelas Gibran bisa jadi cawapres. Prabowo pun sempat dijegal dengan gugatan batas maksimal presiden 70 tahun.

Mahkamah Konstitusi (MK)  menolak gugatan terkait batas usia calon presiden. Prabowo-Gibran menuju pemilu 2024 menjadi lebih pasti. Pasangan itu akan mendaftar besok pagi di KPU.


Kebersamaan Jokowi dan Prabowo saat meresmikan 2 Rumah Sakit TNI yaitu RS Tk. III Brawijaya dan RSAL dr. Soekantyo Jahja di Surabaya.--@prabowo

Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar, mengonfirmasi bahwa pendaftaran Prabowo-Gibran akan didampingi oleh seluruh ketua umum partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Bapak Prabowo dan Mas Gibran akan mendaftar pada pagi hari dan akan didampingi oleh koalisi Indonesia Maju dan ketua umum partai-partai yang terlibat," ungkap Airlangga di Hotel Mandari Oriental, Jakarta, Selasa, 24 Oktober 2023.

Pendaftaran ini juga ditegaskan oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas), yang mengatakan bahwa proses dimulai dari Jalan Kartanegara pada pukul 09.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: