Festival Vegetarian Tandai Ibadah 9 Dewa Kaisar selama 9 Hari Bulan 9 Tahun Imlek

Festival Vegetarian Tandai Ibadah 9 Dewa Kaisar selama 9 Hari Bulan 9 Tahun Imlek

Umat Buddha gelar ibadah 9 Dewa Kaisar. Suasana ibadah 9 Dewa Kaisar oleh umat Buddha, pada 23 Oktober 2023.-Ahmad Rijaluddin E-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pada hari pertama hingga hari kesembilan dalam bulan sembilan kalender Imlek, umat Tri Dharma menggelar ibadah untuk menghormati 9 Dewa Kaisar dari khasanah kepercayaan Tiongkok.

Tradisi itu diperingati umat Buddha yang tergabung dalam Perkumpulan Buddha Dhamma Sangha Lotus, Pandegiling, Surabaya. Mereka menggelar ibadah selama 9 hari, terhitung sejak Minggu, 15 Oktober 2023, dan ditutup pada 23 Oktober 2023 kemarin.

Dijelaskan Purwohadi Kahar, pemimpin peribadatan 9 Dewa Kaisar, ibadah itu disebut sebagai Jiu Ye atau Jiu Huang Da Di. Disebut pula sebagai Festival Vegetarian.

BACA JUGA: Buddhayana Cultural Expo di Pakuwon Mall Surabaya Pamerkan Benda Suci dari Tiga Tradisi Besar

"Dalam tradisi Tiongkok, ketika memasuki hari pertama hingga hari kesembilan bulan sembilan, masyarakat sebaiknya berpantang makan daging atau jadi vegetarian selama 9 hari," ujarnya


Umat Buddha gelar ibadah 9 Dewa Kaisar. Para umat membaca sutra suci dalam ibadah 9 Dewa Kaisar.-Ahmad Rijaluddin E-

Ibadah sekaligus pelestarian tradisi itu berasal dari etnis Hokkian di Tiongkok. Kesembilan Dewa Kaisar itu diyakini sebagai penguasa bintang-bintang dan berbagai planet di alam semesta. 

BACA JUGA: Ibadah Ulang Tahun Yao Chi Jin Mu Perkumpulan Cetiya Buddha Dhamma Sangha Lotus

Mereka yakni Tan Lang Tai Xing Jun, Ju Men Yuan Xing Jun, Lu Cun Zhen Xing Jun, Wen Qu Niu Xing Jun, Lian Zhen Gang Xing Jun, Wu Qu Ji Xing Jun, Wu Qu Ji Xing Jun, Po Jun Guan Xing Jun, Zuo Fu Da Dao Xing Jun dan You Bi Da Dao Xing Jun.

Ibu dari kesembilan Dewa Kaisar itu adalah Yuanjun atau Ibu Bintang Utara yang dapat menganugerahkan panjang umur, menjauhkan manusia dari bencana, dan membebaskan dosa-dosa masa lalu manusia. 

Umat Buddha gelar ibadah 9 Dewa Kaisar. Umat yang tergabung dalam Perkumpulan Cetiya Buddha Dhamma Sangha Lotus mengikuti ibadah 9 Dewa Kaisar.-Ahmad Rijaluddin E-

Perayaan itu diyakini muncul pertama kali dalam tradisi Tao. Hingga saat ini umat Tri Dharma lain turut merayakannya. Dengan tujuan sebagai pelestarian dan rasa hormat pada para Dewa Kaisar tersebut.

Termasuk umat Buddha. Karena menjadi vegetarian dan keinginan untuk menghapus dosa masa lalu atau karma buruk ada dalam ajaran agama itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: