John Q. Adams dan George W. Bush, Anak Presiden yang Jadi Presiden

John Q. Adams dan George W. Bush,  Anak Presiden yang Jadi Presiden

Ilustrasi John Adams dan George Bush-Gusti-Harian Disway-

DALAM sejarah pemerintahan Amerika Serikat (AS) selama 234 tahun sejak merdeka, tercatat dua kali seorang anak presiden mengikuti jejak ayahnya menjadi presiden. 

Pertama, Presiden Ke-6 John Quincy Adams (1825–1829). Kedua, Presiden Ke-43 George W. Bush (2001–2009). Jika John Quincy Adams adalah anak Presiden Ke-2 John Adams, George W. Bush adalah anak Presiden Ke-41 George Bush.  

Bagaimana rekam jejak kedua anak presiden AS yang juga menjadi presiden tersebut?

John Quincy Adams

John Quincy Adams terpilih sebagai presiden AS pada usia 58 tahun. Meski ia hanya menjabat satu periode, ada dua legasi utama yang ditinggalkan. Yakni, Smithsonian Institute dan penghapusan perbudakan di AS. Ia belajar politik

sejak masih sekolah dengan mengikuti kegiatan Presiden John Adams dalam berbagai kegiatan pemerintahan. Termasuk berbagai pertemuan dengan kepala pemerintahan negara lain.

”Dalam sejarah AS, John Quincy Adams adalah sosok yang telah dipersiapkan dengan sangat baik untuk bisa menjadi seorang pemimpin. Bahkan, ia belajar politik dan pemerintahan sejak masih anak-anak,” kata Ange-Marie Hancock, profesor ilmu politik di University of Southern California, seperti dikutip dalam laman edsitement.neh.gov.

Mengenyam pendidikan ilmu hukum dari Harvard University, John Quincy Adams mengawali karier sebagai seorang pengacara. Kemudian, menjadi seorang senator dan menteri luar negeri sebelum akhirnya ikut berkontetasi dalam pilpres AS tahun 1825.

Namun, rekam jejak John Quincy Adams tidak kaleng-kaleng. Karena sering menemani ayahnya dalam berbagai misi diplomatik ke Eropa, John Adams Jr juga sempat mengenyam pendidikan di Paris dan Leiden, Belanda. 

Sebelum menjadi presiden, John Quincy Adams adalah anggota Senat AS dari Negara Bagian Massachusetts dan menjadi menteri luar negeri di era Presiden James Monroe (1817–1825). 

George Walker Bush

George Walker Bush terpilih sebagai presiden AS pada usia 54 tahun. Putra tertua dari Presiden AS Ke-41 George Bush itu meraih gelar sarjana bidang bisnis dari Yale University dan MBA dari Harvard University. 

Sempat menjadi pilot pesawat tempur F-102 di Texas Air National Guard dan lulus kuliah dari Harvard, George W. Bush memilih untuk berbisnis di bidang minyak di Midland. Pada 8 November 1994, ia terpilih sebagai gubernur Texas dan menjadi gubernur pertama di Texas yang terpilih untuk kali kedua saat George W. Bush terpilih kembali sebagai gubernur pada 1998.

Pengalaman sebagai pilot pesawat tempur, praktisi bisnis sektor minyak yang sukses, dan dua periode sebagai gubernur Texas menjadi modal bagi George W. Bush untuk maju dari Partai Republik dalam pilpres AS tahun 2000 melawan kandidat Partai Demokrat Al Gore. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: