Virus Cacar Monyet Menyebar di Jakarta, Berikut 9 Cara Pencegahannya Menurut Ahli

Virus Cacar Monyet Menyebar di Jakarta, Berikut 9 Cara Pencegahannya Menurut Ahli

Prof Tjandra Yoga Aditama memamparkan 9 langkah pencegahan penyebaran penyakit cacar monyet-Dok Pribadi -

BACA JUGA:Anak Usia 5 Tahun Lebih Rentan Kena Tipes, Kenali Gejala dan Cara Pengobatannya

Kelima, untuk seseorang yang menduga dirinya terkena Mpox, atau merasakan gejala-gejala yang sejalan dengan kemungkinan cacar monyet ini maka dapat melakukan dua hal: 

Yang pertama segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat, serta melakukan isolasi diri sebelum ada kepastian diagnosis negatif. 

Hal ini diperlukan untuk menghindari kontak dan menularkan penyakit ini ke orang lain. 

Keenam, kalau seseorang memang sudah terbukti terdiagnosis mpox maka jelas harus melakukan isolasi diri sampai kelainan kulitnya sepenuhnya hilang dan sudah tergantikan dengan kulit baru yang sembuh. 

Pasien juga tentu harus mengikuti anjuran petugas kesehatan setempat. Laman WHO juga menyebutkan bahwa pasien mpox perlu menggunakan kondom bila berhubungan sex, sejak dinyatakan sembuh sampai 12 minggu kemudian. 

BACA JUGA:Penyebab Kematian Nomor 2 di Dunia, Kemenkes Bagikan Tips Mengenali Gejala Stroke dengan SeGeRa

Ketujuh, selalu dapatkan informasi benar dari sumber yang jelas, baik aparat kesehatan nasional dan internasional atau media massa resmi. 

Tjandra menambahkan, untuk masyarakat jangan terpengaruh dengan hoax yang beredar. “Pagi ini misalnya, di WA grup ada yang menyebutkan seorang anak tertular cacar monyet karena masuk mall, dan karena itu anjurannya adalah selalu menggunakan masker, ini tentu informasi yang salah,” jelasnya.  

Kedelapan, pada kelompok risiko tinggi maka dapat dilakukan vaksinasi, dan ini yang baik dilakukan dan diperluas di negara kita. 

Kesembilan, pada negara-negara yang masih ada penularan mpox dari monyet (di Indonesia sejauh ini tidak ada laporan penularan dari monyet) maka masyarakat harus melindungi diri terhadap monyet liar, khususnya hewan yang sakit atau mati.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: