Hindarkan Pengaruh Negatif, Ini 10 Channel YouTube Edukatif yang Aman untuk Anak

Hindarkan Pengaruh Negatif, Ini 10 Channel YouTube Edukatif yang Aman untuk Anak

Dengan memilih channel YouTube yang tepat, anak-anak mampu menyalurkan keterampilannya melalui cara yang positif. -iStock-

Di dalamnya ada pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti kenapa ada siang dan malam, kenapa pelajar Indonesia malu bertanya, kenapa Indonesia dijajah, dan lain-lain.

3. Nussa Official

Nussa Official atau Little Giant adalah channel YouTube yang berisi kartun animasi educational entertainment karya anak bangsa. Channel YouTube ini menampilkan dua karakter tokoh animasi kakak-beradik yakni Nussa dan Rara dengan nuansa Islami. 

Sosok Nussa digambarkan sebagai anak laki-laki yang berpakaian gamis lengkap dengan peci putih. Sedangkan Rara digambarkan sebagai adik kandung Nussa yang berusia lima tahun menggunakan gamis dan jilbab.

Karakter Nussa diciptakan sebagai tokoh penyandang disabilitas seperti tampak pada kaki kirinya yang menggunakan kaki palsu. Sedangkan karakter Rara digambarkan sebagai tokoh yang ceria. 

Nussa dan Rara mengajarkan anak mengenai agama dan nilai-nilai kehidupan. Seperti mengajarkan tentang tata krama kepada orang tua, berdoa, ajakan makan buah dan sayur, hingga berbuat kebaikan bagi sesama.

4. Cocomelon

Cocomelon pasti sudah tidak asing di telinga para ibu muda. Channel yang satu ini menyuguhkan beragam jinggle yang populer di kalangan anak-anak. Misalnya ABC Song.  

Dalam setiap video Cocomelon, terdapat satu karakter utama bayi laki-laki yang menggemaskan. Cocomelon merupakan channel YouTube yang direkomendasikan untuk anak prasekolah.

Saluran ini berisi video edukasi berbentuk animasi lucu disertai dengan lagu menyenangkan. Manfaat yang dapat diperoleh dari kanal ini adalah anak lebih mudah mengingat huruf, nama anggota tubuh, serta hewan dan tumbuhan.

BACA JUGA:Gentle Parenting, Pola Asuh yang Melibatkan Perasaan Anak, Apa Manfaatnya Ya?

5. Pinkfong

Channel yang satu ini amat populer dengan judul lagu legendarisnya yakni Baby Shark. Baby Shark menempati tayangan dengan jumlah likes dan viewers terbanyak di YouTube. Lagu ini tidak hanya disenangi oleh anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: