Mahasiswa Semester Akhir Yuk Merapat, Ada 5 Tool AI Bantu Penelitian dan Skripsi jadi Lebih Mudah

Mahasiswa Semester Akhir Yuk Merapat, Ada 5 Tool AI Bantu Penelitian dan Skripsi jadi Lebih Mudah

Cobalah lima tool Artificial Intelligence ini untuk membantu penelitian dan skripsi Anda menjadi lebih mudah. -Freepik-

HARIAN DISWAY - Dalam era digital yang semakin maju, alat-alat teknologi Artificial Intelligence (AI) telah menjadi sahabat terpercaya bagi peneliti. Terutama bagi mahasiswa semester akhir yang tengah menjalani proses penelitian dan menyelesaikan skripsi.

Dengan kemampuan teknologi AI yang terus berkembang, kita sekarang memiliki akses ke berbagai alat canggih yang dapat secara signifikan membantu dalam mempermudah dan meningkatkan kualitas penelitian akademik.

Dalam artikel ini, terdapat lima tool AI yang wajib diketahui oleh mahasiswa semester akhir. Alat-alat ini tidak hanya mempercepat proses penelitian. Tetapi juga memberikan wawasan yang berharga untuk meningkatkan kualitas tugas akademik mahasiswa atau peneliti.

1.   Consensus


Consensus, salah satu tool AI yang dapat membantu penelitian dan skripsi Anda menjadi lebih mudah. -Consensus-

Consensus adalah tool AI berupa mesin pencari untuk mengekstraksi informasi dari penelitian ilmiah. Didukung oleh GPT-4, Consensus bertujuan dalam memberikan jawaban berbasis bukti ilmiah atas pertanyaan pengguna.

BACA JUGA: 5 Tool AI Ini Bantu Menulis Jadi Lebih Cepat, Cocok Buat Copywriter dan Content Creator

Mesin pencari ini menggunakan model AI untuk menganalisis dan mengevaluasi konten web, serta menghasilkan informasi relevan sebagai respons atas pertanyaan.

Keunggulan Consensus terletak pada kemampuannya dalam memberi peringkat dan menampilkan halaman web berdasarkan relevansi, kualitas, dan kepercayaan. Hal ini membuat pengguna dapat menghemat waktu dan energi dengan mendapatkan ringkasan studi akurat dan ringkas.

Mesin pencari ini juga menawarkan hasil yang didasarkan pada penelitian ilmiah yang telah diverifikasi dengan akses hingga 400 juta artikel ilmiah.

Dengan Consensus, pencarian menjadi cepat, andal, dan memberikan hasil yang relevan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi. Ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi sudut pandang alternatif dan menilai informasi dengan mudah.

2.   SciSpace


SciSpace, salah satu tool AI yang dapat membantu penelitian dan skripsi Anda menjadi lebih mudah. -SciSpace-

SciSpace adalah tool AI yang dapat membantu pengguna dalam menulis makalah penelitian dan tugas-tugas serupa yang memerlukan pemahaman mendalam. SciSpace memanfaatkan teknologi AI untuk memberikan kejelasan, inspirasi, dan pemahaman tambahan.

BACA JUGA: Jawab Tantangan dan Peluang dengan AI, ICVIAS 2023 Usung Tema Artificial Intelligence for Community Development

Fitur utama SciSpace termasuk pencarian satu-klik memungkinkan pengguna menemukan referensi yang relevan, membantu merencanakan struktur makalah, dan menyoroti poin-poin penting.

Salah satu fitur yang paling mengesankan adalah kemampuan SciSpace untuk menjawab pertanyaan pengguna tentang topik atau makalah penelitian yang sedang dikerjakan, sampai memberikan penjelasan instan.

SciSpace merupakan alternatif cerdas dan efisien untuk metode tradisional dalam penulisan dan penelitian akademik, baik digunakan secara mandiri maupun bersama aplikasi penelitian lainnya.

3.   Scholarcy


Scholarcy, salah satu tool AI yang dapat membantu penelitian dan skripsi Anda menjadi lebih mudah. -Scholarcy-

Scholarcy adalah tool AI yang dirancang khusus untuk menyederhanakan proses membaca dan merangkum makalah penelitian ilmiah dengan cepat dalam waktu singkat.

Tool AI ini bekerja dengan memecah bagian-bagian berdasarkan kata kunci dalam artikel atau esai. Hal itu membuat Scholarcy dapat memberikan ringkasan dan poin-poin utama, seperti konsep utama, metodologi, dan hasil penelitian, yang memudahkan tugas pengguna.

Selain itu, Scholarcy dapat membantu dalam memberikan gambaran yang lebih jelas tentang penelitian yang sedang dibaca. Dengan demikian, Scholarcy menjadi salah satu tool AI yang berguna dalam me-review jurnal artikel ilmiah.

Scholarcy juga terintegrasi dengan Scholarcy Library, layanan berlangganan buku bulanan, dan memiliki ekstensi untuk peramban Edge dan Chrome.

BACA JUGA: Ribuan Pekerja IBM akan Diganti Robot Artificial Intelligence

4.   Mind the Graph


Mind the Graph, salah satu tool AI yang dapat membantu penelitian dan skripsi Anda menjadi lebih mudah. -Mind the Graph-

Mind the Graph adalah tool AI yang dirancang untuk membantu peneliti dalam membuat visualisasi yang menarik untuk penelitian ilmiah.

Tool AI ini dapat membuat infografis, abstrak grafis, presentasi, dan poster yang unik oleh hampir semua orang, dari pemula hingga profesional.

Penggunaan Mind the Graph bertujuan untuk mengatasi kebutuhan akan komunikasi ilmiah yang lebih visual dalam lingkungan di mana peneliti sering kali tidak memiliki keterampilan desain atau akses ke perangkat lunak profesional.

Tool AI ini ingin menjadikan ilmu pengetahuan lebih menarik bagi semua orang melalui visualisasi gagasan penelitian. Selain itu, Mind the Graph juga menawarkan layanan institusi dan lisensi Creative Commons untuk pengguna.

5.   Writefull


Writefull, salah satu tool AI yang dapat membantu penelitian dan skripsi Anda menjadi lebih mudah. -Writefull-

Writefull adalah tool AI yang digunakan untuk mengoreksi naskah, memberikan panduan penulisan akademis, dan melakukan pemeriksaan bahasa sehingga dapat meningkatkan kualitas teks pengguna.

Dikembangkan oleh tim peneliti di bidang linguistik dan AI, Writefull menggunakan teknik terbaru untuk meningkatkan penulisan teknis dan ilmiah.

BACA JUGA: Memahami Kecanggihan Artificial Intelligence (AI) yang Menggerus Lapangan Pekerjaan

Tool AI ini sangat berguna dalam penulisan penelitian, dengan model bahasa berdasarkan jutaan artikel jurnal, sehingga dapat memberikan pemeriksaan bahasa yang sesuai dengan standar penulisan akademis.

Writefull juga menyediakan fitur AI yang dapat membantu dalam menyusun kalimat. Kecepatan dan keamanan menjadi prioritas, dengan revisi teks yang dilakukan dalam hitungan detik menggunakan koneksi terenkripsi, tanpa menyimpan teks atau pencarian pengguna.

Selain itu, Writefull menawarkan berbagai fitur, termasuk pembuatan kalimat akademis, parafrase, pembuatan judul, pembuatan abstrak, dan deteksi penggunaan model AI seperti GPT-3, GPT-4, atau ChatGPT.

Alat ini digunakan oleh banyak mahasiswa dan peneliti di lebih dari 1500 institusi terkemuka dan dipercaya oleh penerbit serta penyunting terkemuka.

Tertarik untuk menggunakan 5 tool AI di atas? Maka tidak perlu menunggu berlama-lama, segera coba 5 tool AI di atas jika ingin penelitian atau skripsi Anda dapat terselesaikan dengan cepat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber