Umur Panjang sampai 100 Tahun, Begini Rahasianya Menurut Penelitian Medis

Umur Panjang sampai 100 Tahun, Begini Rahasianya Menurut Penelitian Medis

Umur panjang sampai 100 tahun, begini rahasianya menurut penelitian medis. Ilustrasi pria centenarian dalam ulang tahunnya yang ke-100.-corporatewellnessmagazine.com-corporatewellnessmagazine.com

HARIAN DISWAY - Apa yang diperlukan untuk hidup sampai usia 100 tahun atau lebih? Penelitian menunjukkan bahwa jawabannya mungkin terletak pada profil metabolisme para centenarian atau orang yang telah mencapai usia seratus tahun. 

Bulan lalu penelitian tentang itu dipublikasikan di jurnal GeroScience. Para ilmuwan menyelidiki apa yang unik dari orang-orang yang hidup hingga usia setidaknya 100 tahun dengan melihat fungsi tubuh tertentu sebelum mereka mencapai usia sangat tua.

Umur panjang bagi mereka yang masih hidup lebih dari 85 tahun adalah hasil dari kombinasi berbagai hal. Termasuk faktor genetika dan gaya hidup.

BACA JUGA: Efektif! 6 Makanan Sehat Ini Bikin Warga Jepang Berumur Panjang

Para peneliti menemukan bahwa orang yang berusia seratus tahun memiliki kadar glukosa, asam urat, dan kreatinin yang lebih rendah dalam darah mereka. Itu dibandingkan dengan mereka yang berumur kurang dari seratus tahun.

Terlebih lagi, perbedaan biomarker darah tersebut terlihat sejak usia 65-35 tahun sebelum mereka mencapai usia 100 tahun.

“Hal ini bertentangan dengan kesempatan murni untuk menjelaskan mengapa beberapa orang mencapai usia 100 tahun dan beberapa lainnya tidak,” kata Shunsuke Murata, penulis utama studi tersebut.

Seperti dilansir health.com, ia menyebut bahwa temuan itu cukup mengejutkan. Ternyata ada perbedaan biomarker darah antara orang yang berumur seratus tahun dan yang tidak, dapat terlihat jauh sebelum kematian mereka.

Biomarker Darah pada Centenarian

Untuk penelitian itu, para peneliti menggunakan data dari 44.636 orang yang merupakan bagian dari kelompok AMORIS (Apolipoprotein-related MOrtality RISK).

Mereka telah menerima pengujian laboratorium klinis rutin dan rawat jalan di Central Automation Laboratory di Stockholm, Swedia antara tahun 1985 dan 1996.

Dari jumlah tersebut, 1.224 orang mencapai usia 100 tahun, yang secara statistik sama dengan jumlah orang yang mencapai usia tersebut di Stockholm dalam jangka waktu yang sama. 

Pengukuran biomarker untuk individu-individu itu ditindaklanjuti hingga akhir tahun 2020. Para peneliti memeriksa 12 biomarker yang terkait dengan peradangan dan fungsi hati, ginjal, dan metabolisme, serta potensi anemia dan malnutrisi.

Biomarker tersebut antara lain asam urat untuk peradangan, kolesterol total dan glukosa untuk fungsi dan status metabolisme, alanin aminotransferase, aspartat aminotransferase, dan albumin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: